RANCANG BANGUN E-LEARNING BAHASA INGGRIS UNTUK DESA WISATA KEJI UNGARAN

_ Mardiyono, Wahyu Sulistiyo, Nurul Fajrina Astri

Abstract


Penguasaan Bahasa asing khususnya bahasa Inggris di desa wisata sangat penting khususnya di desa wisata Keji, Ungaran Kab.Semarang. Model pembelajaran yang dilakukan selama ini cenderung mandiri dan tidak terstruktur, menyebabkan penguasaan terhadap bahasa Inggris tidak optimal. Maka dari itu perlu dibanguan sebuah aplikasi e-Learning Bahasa Inggris berbasis Web dengan materi dan model pengajaran layaknya di kelas. Aplikasi ini dibangun menggunakan framework Code Igniter dan basis data MySQL. Dengan cakupan materi tata bahasa, percakapan dan tenses.Pada pengujian sistem dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui pengujian fungsionalitas dan pengujian tingkat kepuasan pengguna. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi ini berjalan dengan baik pada jaringan internet yang diakses dengan beberapa browser web dan tingkat kepuasan pengguna aplikasi ini mencapai 86,6%. Dengan penerapan e-Learning ini dapat membantu warga desa Keji dalam mempercepat dan memudahkan belajar bahasa Inggris secara terstruktur melalui media internet.

References


Pribadi,Arif. 2012. Internet Jelajahi Sekolah-Sekolah Terpencil.http://kominfo.go.id (Diakses tanggal : 8 Juli 2012)

http://www.elearning.sman4-smg.sch.id

http://www.elearning.unpad.ac.id

http://www.ilmukomputer.org

http://www.republika.co.id/berita/trendtek/telekomunikasi/10/06/15/119902-menambah-pinter-desa-pinter-1-

Romi Satria Wahono, “Pengantar E-learning dan pengembangannya,â€2005

Turino, Yuliman Purwanto, Arief Soeleman, “E-learning Bahasa Inggris Berbasis Web,†Jurnal Teknologi Informasi, Volume 5 Nomor 2, Oktober 2009, ISSN 1414-9999




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jifo.v7i1.a2773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

____________________________________
JURNAL INFORMATIKA

ISSN : 1978-0524 (print) | 2528-6374 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIFO stats