RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN HADIS UNTUK PERANGKAT MOBILE BERBASIS ANDROID

Heru Supriyono, Ardhiyatama Nur Saputra, Endah Sudarmilah, Ruswa Darsono

Abstract


Pada saat ini mobile phone sudah sangat berkembang sehingga mempunyai berbagai macam kemampuan seperti untuk akses internet dan juga mempunyai sistem operasi seperti layaknya komputer sehingga sering disebut dengan smart mobile phone atau lebih dikenal dengan istilah smart phone. Pemanfaatan kemampuan smart phone untuk keperluan di beberapa bidang pun dikembangkan dengan aplikasi-aplikasi yang mampu mendukung dalam penggunaannya diantaranya adalah untuk media pembelajaran edukatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat aplikasi mobile phone sebagai media pembelajaran dalam mempelajari pengertian ilmu hadis yang disertai dengan hadist pilihan dan latihan soal. Penelitian ini menggunakan pendekatan prototyping. Tahapan yang akan dilakukan pada penelitian ini meliputi: analisis kebutuhan, perancangan arsitektur program aplikasi, pembuatan program aplikasi, pengujian teknis dan analisisnya, dan analisis respon calon pengguna
melalui kuesioner. Hasil pengujian implementasi sistem yang dibuat pada smartphone menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan pada smartphone dengan sistem operasi Android yang ada dipasaran.


Kata kunci: Android, pembelajaran ilmu hadis, perangkat mobile.


Full Text:

PDF

References


Nunggraini, Wulan. (2012). Perancangan Media Pembelajaran Ilmu Nahwu Berbasis

Multimedia. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purwanti, Ika. (2013). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berplatform Android Untuk Madrasah Baca Tulis Al Quran Al-Fattah Desa Widodaren Kabupaten Ngawi, Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer

FTI UNSA 2013, Vol 2 No 1 – Maret 2013 ISSN: 2302-1136 -seruniid.unsa.ac.id, pp. 123 – 130.

Safaat, Nazruddin. (2012). “Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Androidâ€. Bandung : Informatika.

Septiawan, Arif Tri. (2012). Pengenalan Dan Pembelajaran Cara Membaca Alquran (Ilmu Tajwid) Berbasis Android Mobile. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sobri, Muhammad dan Abdillah, Leon Andretti. (2013). Aplikasi Belajar Membaca Iqro’ berbasis Mobile. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2013STMIK AMIKOM Yogyakarta, 19 Januari 2013 ISSN: 2302 -2805, pp. 20.1 – 20.5.

Wikipedia. (2013). Pembelajaran. http://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran (diakses tanggal 2 Juli 2013)




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jifo.v8i2.a2057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

____________________________________
JURNAL INFORMATIKA

ISSN : 1978-0524 (print) | 2528-6374 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIFO stats