PENERAPAN ALGORITMA BOYER MOORE PADA POSTING TWITTER TMC POLDA METRO JAYA UNTUK MELAPORKAN KONDISI LALULINTAS DAN RUTE JALAN KOTA JAKARTA

Rudi Setiawan

Abstract


    Setiap harinya jutaan tweets di share oleh berbagai pengguna Twitter didunia, salah satunya tweets yang terdapat pada accountTwitter TMC Polda Metro Jaya, yang mana informasinya didapat dari pengguna Twitter yang peduli terhadap kondisi lalulintas kota Jakarta. Dengan menggunakan algoritma Boyer-Moore yang merupakan algoritma pencarian string, pada data tweets TMC Polda Metro Jaya dilakukan pencarian nama jalan atau lokasi beserta kondisi lalulintasnya, kemudian dilakukan visualisasi menggunakan peta Google Map, sehingga ketika user memilih lokasi tujuan perjalanan dari suatu tempat ke tempat lainnya di kota Jakarta maka akan ditampil rute jalan beserta kondisi lalulintasnya berdasarkan data tweets yang telah dilaporkan pada hari tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, pada sampel 1 hari percobaan ditanggal 17 November 2014 dengan jumlah data 232 tweets, didapat data tweets yang teridentifikasi kondisi lalulintasnya sebanyak 196 tweets artinya sebanyak 84,48% tweets dapat teridentifikasi dan yang tidak teridentifikasi kondisi lalulintasnya sebanyak 15,52%. Penyebab utama dari tidak teridentifikasinya kondisi lalulintas pada data tweets dikarenakan pada data tweets tersebut tidak melaporkan kondisi lalulintas melainkan melaporkan informasi lain seperti kecelakaan, kondisi jalan berlubang dan lain sebagainya.

 

Kata Kunci :  Algoritma Boyer-Moore, TMC Polda Metro Jaya, Twitter


Full Text:

PDF

References


Rodiyansyah, 2012, Klasifikasi Posting Twitter Kemacetan Lalu Lintas Kota Bandung Menggunakan Naive Bayesian Classification, Tesis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Cormen, Thomas. H., Leiseson, Charles. E., Rivest, Ronald. L., 1994, Algorithm. McGraw-Hill Book Company, North America.

http://id.wikipedia.org/wiki/Algoritma_Boyer-Moore. 12 Agustus 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jifo.v9i1.a2042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

____________________________________
JURNAL INFORMATIKA

ISSN : 1978-0524 (print) | 2528-6374 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIFO stats