PEMANFATAN INFORMASI TEKNOLOGI DALAM PENENTUAN BEASISWA SISWA KURANG MAMPU

Dian Sulistyo, Sri Winiarti

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu kewajiban setiap warga negara Indonesia. Untuk mendukung program Pemerintah yaitu wajib belajar hingga 12 tahun, Pemerintah Kabupaten Sleman khususnya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (DIKPORA) memberikan beasiswa kepada siswa yang kurang mampu guna meningkatkan motifasi untuk terus belajar. Banyaknya pemohon beasiswa  dan keterbatasan sumber daya manusia yang memiliki keahlian dalam mengolah data sehingga sering menemui kendala diantaranya kesalahan dalam menginput data, memerlukan waktu yang relatif lama dan memerlukan ketelitian. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuat suatu penelitian untuk mengembangkan suatu sistem aplikasi sistem pendukung keputusan yang mampu menyelesaikan masalah penyeleksian beasiswa dengan metode Promethee. Subjek dalam penelitian adalah aplikasi sistem pendukung keputusan untuk menentukan penerima beasiswa kurang mampu. Metode pengumpulan data dengan metode studi pustaka, wawancara, dan observasi. Tahap pengembangan aplikasi meliputi system requiremant, desain model dan alur keputusan, pemodelan proses, pemodelan data, implementasi, dan pengujian. Sistem yang dikembangkan menggunakan metode Preference Ranking Organization Method For Enrichment Evaluation (PROMETHEE) dengan perhitungan Multi Criteria Decesion Making (MCDM) dan pengujian sistem dengan black box test, dan alpha test. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah perangkat lunak sistem pendukung keputusan untuk menentukan penerima beasiswa kurang mampu dengan metode Promethee dengan kemampuan yang dapat memberikan informasi dan rekomendasi penerima beasiswa yang disertai dengan nilai hasil perangkingan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan.

 

Kata Kunci : Beasiswa, Promethee, Sistem Pendukung Keputusan.


Full Text:

PDF

References


Agni, Hanstroto F. 2011. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Bonus Pegawai dengan Metode Promethee. Yogyakarta : UPN.

Hendra, Eka Setyawan, dkk.2012. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Pegawai Marketing Dengan Menggunakan Metode Promethee. Surabaya: Universitas Brawijaya. (http://www.ptiik.ub.ac.id, 17 Januari 2014)

Kursini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi.

Prima, Febri.2012. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Beasiswa BBM Dengan Model Fuzzy Multiple Attribute Menggunakan Metode Simple Additive Weighted. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Suryadi, Kadarsah dan M. Ali Ramdhani. 2003. Sistem Pendukung Keputusan Suatu Wacana Struktural Idealisasi dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan. Bandung: Rosda.

Turban, E., dkk. 2005. Decision Support System and Intelligent Systems, Terj. Dwi Prabantini. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jifo.v9i1.a2037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

____________________________________
JURNAL INFORMATIKA

ISSN : 1978-0524 (print) | 2528-6374 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIFO stats