Analyzing Students’ Problem-Solving Ability Based on Mathematics Disposition During the Covid-19 Pandemic
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 1-7.
Akbar, P, et al. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang Dalam Materi Peluang. Journal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.
Aliah, S. N. et al. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Disposisi Matematika Siswa pada Materi SPLDV. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 91-98.
Apriadi, M. A., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2021). Matematis Siswa Sebelum Dan Sesudah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal MathEdu, 4(1), 133-144.
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4), 1-9.
Dinia, S. et al. (2019). Analisis Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Disposisi Matematis Siswa. JHM: Journal of Honai Math, 2(1), 65-76.
Diningrum, P. R., Azhar, E., & Faradillah, A. (2018). Hubungan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII di SMP Negeri 24 Jakarta. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers 355.
Fathonah, U., & Bukhori, H. A. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jerman Secara Daring, 3(4), 1152-1160.
Fauziah, A., & Sukasno, S. (2015). Pengaruh Model Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA N I Lubuklinggau. Infinity Journal, 4(1), 10.
Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMPN 2 Pangkah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11.
Hajar, Y & Sari, V.T.A. (2018). Analisis kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK Ditinjau Dari Disposisi Matematis. INSPIRAMATIKA : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 120-131.
Hamidah, M. T., & Prabawati, M. N. (2019). Analisis Disposisi Matematik Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistik Di MTsN 11 Tasikmalaya. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.378.
Harisudin, M. I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Dengan PJJ Dimasa Covid 19. Teorema : Teori Riset dan Matematika, 6(1), 98-106.
Husna, A., Hanggara, Y & Agustyaningrum, N. (2020). Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ekonomi Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1283-1292.
Husna, Ikhsan, M., & Fatimah, S. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2), 81-92.
Karlimah. (2015). Pembelajaran bermakna untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 59-63).
Kharisma, N. N., Roesminingsih, M. V., & Suhanadji, S. (2020). Gambaran kebutuhan pembelajaran daring PKBM budi utama surabaya pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 15(1), 38-44.
Khoiriyah, I. Z. (2018). Disposisi Matematis Dalam Diskusi Kelompok Matematika Materi Limit Siswa MAN Wlingi Blitar Tahun Pelajaran 2017/2018.
Mahmuzah, R., Ikhsan, M., & Yusrizal. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing. Jurnal Didaktik Matematika.46.
Marlina, E., & Ruhiat, D. (2018). Penerapan Sub Pokok Fungsi Pada Matematika Ekonomi Terhadap Fungsi Permintaan Dan Fungsi Penawaran. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 9 nomor 2,(2), 1-8.
Means, B. (2010). Technology and education change: Focus on student learning. Journal of Research on Technology in Education, https://doi.org/10.1080/15391523.2010.10782552.
Muflihatusubriyah,U. et al . (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Disposisi Matematis. Journal of Mathematics Education, 7(1), 49-56.
Muniroh, L., & Nursyahidah, F. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya kognitif impulsif pada masa pandemi covid-19.352-359.
Nakamura, Y., et al. (2018). Distance learning, e-learning and blended learning in mathematics education in Effective Use of Math E-Learning with Questions Specification. International Trends in Research and Development, https://doi.org/10.1007/978-3-319-90790-1.
NCTM. (2000). Defining Problem Solving. Retrieved from http://www.learner.org/channel/courses/teachingmath/gradesk 2/session 03/sectio 03 a.html.
Noriza, M.D., Kartono & Sugianto. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Berbasis Masalah. UJMER : Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(2), 66-75.
Özyurt, Ö., Özyurt, H., Baki, A., & Güven, B. (2013). Integration into mathematics classrooms of an adaptive and intelligent individualized e-learning environment: Implementation and evaluation of UZWEBMAT. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2012.11.013.
Rosita, N. T., & Yuliawati, L. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 123-128.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumartini. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Taha, M. H., Abdalla, M. E., Wadi, M., & Khalafalla, H. (2020). Curriculum delivery in Medical Education during an emergency: A guide based on the responses to the COVID-19 pandemic. MedEdPublish, 9.
Wanabuliandari, S. 2016. Peningkatan Disposisi Matematis Dengan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) Berbasis Multimedia. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 138-144.
Wardani, S. (2009). Meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan disposisi matematik siswa SMA melalui pembelajaran dengan pendekatan model Sylver. Universitas Pendidikan Indonesia.
Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. Seminar Nasioanal FMIPA, 5, 1-11.
Wilujeng, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Science Study (TIMSS), 2(2).
Yogi, A. (2015). Proses asimilasi dan akomodasi mahasiswa bergaya kognitif field independent dalam menyelesaikan masalah. Prosiding Seminar Nasional, 04, 394-403.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/ijeme.v6i1.21062
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Asmaul Husna, Yudhi Hanggara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
International Journal on Emerging Mathematics Education
Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604
Email: ijeme@uad.ac.id
p-ISSN: 2549-4996 | e-ISSN: 2548-5806
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License