KEMATIAN AKIBAT BENCANA DAN PENGARUHNYA PADA KONDISI PSIKOLOGIS SURVIVOR : TINJAUAN TENTANG ARTI PENTING DEATH EDUCATION
Abstract
Abstrak
Berbagai macam bencana menimbulkan stres psikologis, tetapi stres akan meningkat
apabila banyak orang terbunuh. Reaksi terhadap bencana untuk masing-masing individu
berbeda-beda, tetapi reaksi terhadap kerusakan dapat berupa shock, rasa takut, sedih, dan
marah, yang dapat mengarah terhadap pemungkiran peristiwa kerusakan yang telah terjadi.
Kematian adalah bagian dari kehidupan, yang tiap-tiap individu baik anak maupun orang
dewasa harus terbiasa dan memahaminya. Walaupun demikian, sebagaimana pendidikan
seks, pengenalan terhadap topik kematian di sekolah dan perguruan tinggi kadang-kadang
mengalami perlawanan karena kemungkinan efek kerusakan yang muncul, baik dari segi
bacaan, diskusi dan kegiatan lain yang berhubungan dengan topik ini
Kata kunci: pendidikan tentang kematian, kerusakan, perguruan tinggi, sekolah
Berbagai macam bencana menimbulkan stres psikologis, tetapi stres akan meningkat
apabila banyak orang terbunuh. Reaksi terhadap bencana untuk masing-masing individu
berbeda-beda, tetapi reaksi terhadap kerusakan dapat berupa shock, rasa takut, sedih, dan
marah, yang dapat mengarah terhadap pemungkiran peristiwa kerusakan yang telah terjadi.
Kematian adalah bagian dari kehidupan, yang tiap-tiap individu baik anak maupun orang
dewasa harus terbiasa dan memahaminya. Walaupun demikian, sebagaimana pendidikan
seks, pengenalan terhadap topik kematian di sekolah dan perguruan tinggi kadang-kadang
mengalami perlawanan karena kemungkinan efek kerusakan yang muncul, baik dari segi
bacaan, diskusi dan kegiatan lain yang berhubungan dengan topik ini
Kata kunci: pendidikan tentang kematian, kerusakan, perguruan tinggi, sekolah
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v2i1.314
Refbacks
- There are currently no refbacks.
HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal
ISSN 1693-7236 (print), 2598-6368 (online)
Email : humanitas@psy.uad.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.