Self Instruction Training (SIT) Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Kehamilan Pada Ibu Primigravida

Nurwahyuni Nasir

Abstract



ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan SIT untuk menurunkan tingkat kecemasan kehamilan pada ibu primigravida. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan mixed methods. Metode kuantitatif menggunakan skala kecemasan kehamilan, sedangkan metode kualitatif menggunakan wawancara dan observasi. Tahapan dalam intervensi ini yaitu, psikoedukasi, relaksasi dan positive self talk dengan relaksasi dzikir.
Teknik dalam memilih subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu peneliti memilih subjek penelitian sesuai dengan kriteria. Karakteristik subjek penelitian yaitu primigravida, beragama Islam, pendidikan minimal SMA dan memiliki tingkat kecemasan kehamilan sedang atau tinggi yang diperoleh dari screening sekaligus sebagai pretest. Desain menggunakan pre-ekperimental design dengan one group pretest and posttest design, dilanjutkan dengan follow up.
Hasil pengolahan data dengan Uji statistik Wilcoxon, menunjukkan hasil nilai pengukuran untuk pretest ke posttest Z = -1,342 dengan nilai p = 0,180 (p>0,05), pretest ke follow up Z = -1,342 dengan p = 0,180 (p>0,05) dan posttest ke follow up Z = -1,000 dengan nilai p = 0,317 (p>0,05). Hal tersebut berarti tidak ada perbedaan kecemasan kehamilan yang signifikan antara pretest ke posttest, pretest ke follow up dan posttest ke follow up.
Secara kualitatif diperoleh hasil bahwa self instruction training (SIT) mampu memberikan efek positif terhadap subjek, yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara dan observasi. Kesimpulannya intervensi SIT yang diberikan mampu menurunkan tingkat kecemasan kehamilan pada ibu primigravida walaupun tidak secara signifikan.
Kata kunci : Primigravida, kecemasan kehamilan, self instruction training (SIT)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.