PENGARUH TERAPI KELOMPOK REMINISCENCE UNTUK MENURUNKAN TINGKAT DEPRESI PADA LANJUT USIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA UNIT BUDI LUHUR KASONGAN, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Nobelina Adicondro

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi kelompok reminiscence dalam menurunkan depresi pada lanjut usia. Karakteristik subjek penelitian adalah lanjut usia yang berusia diatas 60 tahun dan telah didiagnosis depresi sesuai dengan hasil screening menggunakanGeriatric Depression Scale (GDS > 5) dan Mini Mental State Examination (MMSE >17) komunikatif dan kooperatif dalam kelompok, serta belum pernah mengikuti kegiatan terapi kelompok Reminiscence.
Penelitian bersifat kuantitatif dan diperkuat dengan data kualitatif. Uji analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan program komputer program SPSS for Windows 16.0. Analisis kualitatif menggunakan teknik observasi dan wawancara.Penelitian dilakukan dengan menggunakan pretest and posttest control group design with follow up. Kelompok terdiri dari kelompok perlakuan dan kontrol. Subjek mendapat perlakuan berupa terapi kelompok reminiscence, yang diberikan dalam enam kali pertemuan dan masing-masing pertemuan membutuhkan waktu sekitar 60-90 menit.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah terapi kelompok reminiscence dan variabel tergantung adalah tingkat depresi. Dianalisis dengan uji statistik Mann Whitney, Wilcoxon Signed Ranks Test dan Friedman test. Hasil pengolahan data menunjukkan taraf signifikansi nilai Z = - 2.677 dengan nilai p = 0,007 (p<0,01). Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa tingkat depresi pada subjek mengalami penurunan setelah diberikan intervensi Terapi Kelompok Reminiscence dibandingkan sebelum diberikan intervensi.
Kata kunci : lansia, depresi, terapi kelompok reminiscence


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.