PENGARUH PENDEKATAN KOGNITIF UNTUK MENGURANGI STRES DALAM PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA BARU FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN ANGKATAN 2013/2014

Meysie Diyanna Lora

Abstract



Abstrak
Stres dalam penyesuaian diri adalah ketidakmampuan mahasiswa dalam menyesuaikan diri terhadap tuntutan atau perubahan yang terjadi ketika memasuki lingkungan baru yang berpengaruh pada respon kognitif, emosi, serta fisiologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kognitif untuk mengurangi stres dalam penyesuaian diri pada mahasiswa angkatan 2013/2014 di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Subjek penelitian berjumlah 10 orang mahasiswa yang mengalami stres dalam penyesuaian diri. Instrument yang digunakan untuk mengukur tingkat stres dalam penyesuaian diri yaitu Skala stres dalam penyesuaian diri yang dibuat peneliti berdasarkan 4 macam respon stres dari Sarafino.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni dengan rancangan intervensi dalam bentuk randomized pretest-posttest control group desain dengan follow-up. Intervensi yang diberikan pada subjek berupa pelatihan dengan perlakuan pendekatan kognitif yang menggunakan teknik tiga kolom. Pelaksanaan pelatihan sebanyak tiga kali pertemuan dalam 1 minggu. Analisis kuantitatif menggunakan non parametrik test dengan friedman test chi-square 10,000 dengan tingkat signifikansi 0,007 (p<0,001) dan uji Mann-Whitney pada gain score pre-post kelompok eksperimen dan kontrol, yang menghasilkan nilai z -2,611 dengan taraf signifikansi 0,009 (p<0,01). Analisis kualitatif dilakukan dengan menganalisis hasil wawancara dan observasi. Hasil yang didapat memperlihatkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan pada tingkat stres dalam penyesuaian diri antara kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen mengalami penurunan stres dalam penyesuaian diri sedangkan kelompok kontrol tidak mengalami penurunan.
Kata kunci: Pendekatan kognitif, stres dalam penyesuaian diri, Mahasiswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.