PERBEDAAN ADAPTABILITAS KARIR DITINJAU DARI JENIS SEKOLAH (SMA DAN SMK)
DOI:
https://doi.org/10.12928/empathy.v3i1.3033Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan adaptabilitas karir ditinjau dari jenis sekolah.Subjek pada penelitian ini adalah siswa yang bersekolah di SMA Muhamadiyah 3 Yogyakarta dan SMK Muhamadiyah 3 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif.Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Adaptabilitas Karir.Teknik analisis yang digunakan adalah model analisis uji-t. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Keseluruhan komputasi data penelitian dihitung menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai t= -5,491 dengan p= 0,000 (p<0,01) yang menunjukkan adanya perbedaan adaptabilitas karir pada siswa SMA dan SMK. Mean adaptabilitas Karir siswa SMA 116,5 lebih rendah dibandingkan mean dari siswa SMK 127,3. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan dalam adaptabilitas karir yang sangat signifikan antara siswa SMA dan siswa SMK.Siswa yang bersekolah di SMK memiliki adaptabilitas karir yang lebih tinggi dibandingkan adaptabilitas karir siswa yang bersekolah di SMA.
Kata Kunci : adaptabilitas karir, jenis sekolah
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with Empathy: Jurnal Fakultas Psikologi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.