HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS X SMK KOPERASI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara berpikir positif dengan perilaku menyontek.Subiek penelitian adalah siswa kelas X SMK Koperasi Yogyakarta.Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling.Metode pengumpulan data menggunakan skala yaitu skala berpikir positif dan skala perilaku menyotek.Metode analisis data dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment.Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisin korelasi sebesar rxy = -0,299 dengan taraf signifikansi p = 0,004 (p < 0,01). Sumbangan efektif yang diberikan variabel berpikir positif terhadap perilaku menyontek adalah sebesar 8,9%. Hasil kategorisasi menunjukkan bahwa mayoritas subjek penelitian yaitu sebanyak 67,5% subjek yang memiliki berpikir positif pada kategori tinggi dan 63,75% subjek memiliki perilaku menyontek pada kategori sedangHasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikanantara berpikir positif dengan perilaku menyontek. Semakin tinggi berpikir positif maka akan semakin rendah perilaku menyontek, sebaliknya semakin rendah berpikir positif maka akan semakin tinggi perilaku menyontek.
Kata Kunci : berpikir positif, perilaku mencontek
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.12928/empathy.v3i1.3009
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Kiki Nurmayasari, Hadjam Murusdi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
================================================================================================
ISSN 2303-114X (print) || 2714-786X (online)
Organized by the Faculty of Psychology
Published by Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY
email: empathy.jfp@psy.uad.ac.id
Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional