PENGARUH WARNA CANGKIR TERHADAP PERSEPSI CITA RASA TEH

Dimas Yanuar Langgeng, Herlina Siwi Widiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh warna cangkir terhadap persepsi cita rasa teh. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen complete counterbalancing. Subjek penelitian ini adalah laki-laki dan perempuan usia antara 17-25 tahun. Pengumpulan data penelitian menggunakan Skala Rasa. Bentuk skala berupa aitem ganda dengan diferensiasi semantik. Teknik diferensiasi semantik dirancang untuk mengungkap afek atau perasaan yang berkaitan dengan suatu objek sikap. Skor aitem bergerak dari nilai satu (tidak favorabel) hingga tujuh (sangat favorabel). Metode analisis data menggunakan analisis varian dua jalur. Berdasarkan uji anava dua jalur didapat taraf signifikansi sebesar p=0,035 (p<0,05), menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara warna cangkir terhadap persepsi cita rasa. Warna hijau secara signifikan mempengaruhi persepsi cita rasa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh warna cangkir terhadap persepsi cita rasa teh. Dalam hal ini menunjukkan bahwa cangkir berwarna hijau meningkatkan persepsi cita rasa pada teh.

Kata Kunci : persepsi, persepsi cita rasa, warna


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dimas Yanuar Langgeng, Herlina Siwi Widiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

================================================================================================

ISSN 2303-114X (print) |2714-786X (online)
Organized by Fakultas Psikologi
Published by Universitas Ahmad Dahlan Yogyakart
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY

email : empathy.jfp@psy.uad.ac.id

================================================================================================


Ciptaan disebarluaskan di bawah

Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats