PENGARUH PERMAINAN SCRABBLE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA

Varia Nihayatus Saadah, Nurul Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan scrabble terhadap peningkatan kemampuan membaca anak disleksia. Subjek dalam penelitian ini adalah dua siswa dari Madrasah Ibtida’iyah yang memiliki kesulitan belajar membaca atau disleksia. Metode penelitian yang digunakan adalah single-case experimental design dengan pola desain A-B-A. Alat pengumpul data yang digunakan adalah berupa tes kemampuan membaca. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis visual Conservative Dual-Criterion untuk mengetahui perubahan dan peningkatan kemampuan membaca setelah mendapat perlakuan berupa permainan scrabble. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca yang lebih efektif pada subjek kedua dibanding subjek pertama. Subjek kedua diperoleh hasil perubahan kemampuan membaca sebesar enam poin, sedangkan subjek pertama diperoleh hasil perubahan kemampuan membaca sebesar tiga poin. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan scrabble berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca anak disleksia.

Kata Kunci : anak disleksia, kemampuan membaca, permainan scrabble


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Varia Nihayatus Saadah, Nurul Hidayah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

================================================================================================

ISSN 2303-114X (print) |2714-786X (online)
Organized by Fakultas Psikologi
Published by Universitas Ahmad Dahlan Yogyakart
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY

email : empathy.jfp@psy.uad.ac.id

================================================================================================


Ciptaan disebarluaskan di bawah

Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

View My Stats