Motivasi Terhadap Compose New Tweet pada Jejaring Sosial Twitter
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi compose new tweet pada jejaring sosial twitter. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang menjadi mendorong motivasi terkait dengan compose new tweet. Penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Melibatkan 5 orang subjek yang terdiri dari laki-laki dan perempuan dengan latar belakang yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam compose new tweet dalam hal pemenuhan kebutuhan psikologisnya. Masing-masing subjek penelitian menunjukkan adanya motivasi untuk memenuhi setiap tingkat kebutuhan psikologis yang diperlukan oleh individu. Kesimpulan dari penelitian ini memadukan teori hirarki kebutuhan Abraham Maslow dan teori ERG dari Alderfer, dari kelima tingkatan hirarki Maslow subjek laki-laki lebih bersinggungan dengan tingkatan kebutuhan akan penghargaan dan subjek perempuan lebih ke arah tingkatan kebutuhan akan kasih sayang dan saling memiliki diantara kelompok sosialnya.
Kata kunci : Compose new tweet, Twitter, Motivasi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.12928/empathy.v1i1.2999
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Febri Sulistya Purnama, Eko Setyo Pratomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
================================================================================================
ISSN 2303-114X (print) || 2714-786X (online)
Organized by the Faculty of Psychology
Published by Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY
email: empathy.jfp@psy.uad.ac.id
Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional