Implementasi pendidikan Pancasila sebagai character building mahasiswa di Universitas Sembilanbelas November Kolaka
DOI:
https://doi.org/10.12928/citizenship.v1i1.9515Keywords:
karakter, Pancasila, pendidikan Pancasila, mahasiswaAbstract
Sekurang-kurangnya terdapat lima karakter pribadi pancasilais yang harus dimiliki, dihayati dan diimplementasikan dalam kehidupan mahasiswa diantaranya pengejawantahan nilai-nilai ketuhanan dalam kehidupan serta mampu menunjukkan sikap religius, toleran, berkonstribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan beradaban berdasarkan Pancasila, berperan sebagai warga negara yang bangga, cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab terhadap negara dan bangsa, menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
References
Budiningsih, A. (2004). Pembelajaran moral: Berpijak pada karakter siswa dan budayanya. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaplin, J. P. (2008). Kamus psikologi lengkap. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Dirjen Pendidikan Tinggi. (2006). Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi No. 43/Dikti/Kep/2006 tentang Rambu-rambu pelaksanaan kelompok matakuliah pengembangan kepribadian di perguruan tinggi.
Kaelan. (2002). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2009). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional.
Notonagoro. (1975). Pancasila secara ilmiah populer. Jakarta: Pantjuran.
Raka, G., Mulyana, Y., Suprapti Sumarmo Markam, Semiawan, C. R., Hasan, S. H., Bastaman, H. D., & Nurachman, N. (2013). Pendidikan karakter di sekolah: Dari gagasan ke tindakan. Jakarta: Elex Media Komputindo. Diambil dari https://books.google.co.id/books?id=EwRGDwAAQBAJ
Zubaedi. (2012). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License BY-NC-SA 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.