Upaya Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Kerja Keras Anak Usia Remaja di Dusun Tegalyoso Banyuraden Gamping Sleman Yogyakarta

Nita Warih Handayani, Sumaryati Sumaryati

Abstract


Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam menumbuhkan karakter kerja keras pada anak karena keluarga merupakan wahana pertama dan utama dalam membimbing, mengarahkan untuk membentuk perilaku bermoral bagi pendidikan karakter anak. Melihat kenyataan yang ada sekarang banyak anak remaja yang lebih suka dengan hal-hal yang berbau instan, hal itu mengakibatkan rendahnya kerja keras yang dimiliki oleh anak remaja. Oleh karena itu di sinilah upaya serta peran orang tua untuk senantiasa menanamkan dan mengajarkan karakter kerja keras kepada anak, sehingga nantinya akan terbentuk karakter anak yang mandiri, bertanggung jawab dan pekerja keras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya orang tua dalam menanamkan karakter kerja keras anak usia remaja di dusun Tegalyoso Banyuraden Gamping Sleman Yogyakarta.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Dalam penelitian yang menjadi subjek penelitian adalah orang tua di dusun Tegalyoso yang berjumlah 8 pasang orang tua. Sedangkan yang menjadi objek adalah Upaya orang tua dalam menanamkan karakter kerja keras anak usia remaja di dusun Tegalyoso Banyuraden Gamping Sleman Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, klasifikasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian maka Upaya orang tua dalam menanamkan karakter kerja keras anak usia remaja di dusun Tegalyoso Banyuraden Gamping Sleman Yogyakarta dilakukan dengan cara menyiapkan diri jadi contoh yang baik bagi anak, melibatkan anak dalam pekerjaan, terlibat dalam kehidupan sekolah, tegas dan konsisten, memberi hukuman dengan kasih sayang, belajar mendengarkan anak. Dari keenam upaya orang tua, upaya menyiapkan diri jadi contoh yang baik bagi anak telah diupayakan dan dilakukan oleh semua orang tua di dusun Tegalyoso Banyuraden Gamping Sleman Yogyakarta, sedangkan untuk upaya melibatkan anak dalam melaksanakan pekerjaan di luar rumah belum dilaksanakan oleh semua orang tua, hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor seperti jenis pekerjaan dari orang tua yang terkadang tidak memungkinkan anak untuk diajak secara langsung dalam melaksanakan pekerjaan. Serta karena kurangnya perhatian dan waktu yang diberikan oleh orang tua terhadap anak.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Citizenship: Media Publikasi Hasil Penelitian Mahasiswa Program Studi PPKn ISSN: 2088-7396 Published by Universitas Ahmad Dahlan

 

View Jurnal Citizenship Stats