Strategi pendidikan antikorupsi kepada keluarga di Kelurahan Prenggan Kotagede Yogyakarta

Dedek Helida Pitra

Abstract


Lingkungan keluarga merupakan yang paling utama untuk menentukan masa depan anak, demikian pula karakter anak yang baik dimulai dari keluarga. Dilihat dari tren usia koruptor yang terjerat kasus korupsi masih tergolong muda, yaitu di bawah 40 tahun. Uniknya lagi, tindakan korupsi mulai melibatkan hubungan kekeluargaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pendidikan antikorupsi kepada kelurga. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif menjadi subjek penelitian adalah keluarga di Kelurahan Prenggan Kotagede Yogyakarta dan yang objek adalah Sukarelawan Pendidikan Antikorupsi di Kelurahan Prenggan dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil yang diperoleh dalam studi ini menunjukkan bahwa strategi pendidikan antikorupsi yang dilakukan sukarelawan kepada keluarga adalah memberikan pendidikan antikorupsi secara langsung melalui kegiatan keluarga, baik secara individu maupun kelompok dengan media-media yang menyasar orang tua dan anak-anak. Upaya yang dilakukan oleh sukarelawan adalah menanamkan nilai kejujuran melalui ikatan antara suamu-istri, orangtua anak, maupun antartetangga. Penelitian ini dapat memperkaya pengalaman empiris strategi penanaman antikorupsi di dalam lingkungan keluarga.


Keywords


strategi; pendidikan antikorupsi; keluarga; gen-aksi

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian kualitatif. Syakir Media Press.

Albab, H. A. U. (2019). Membasmi Koruptor Sejak Usia Dini: Analisis Kurikulum Pendidikan Agama Islam Anti Korupsi di Madrasah. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 4, 421–432.

Arif, D. B., Aulia, S. S., Supriyadi, & Asmorojati, A. W. (2019). Panduan insersi pendidikan antikorupsi dalam mata kuliah pendidikan kewarganegaraan. Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat Kedeputian Pencegahan Komisi Pemberantasan Koupsi.

Cahyani, T. D., Danawati, M. G., & Kurniawan, K. D. (2020). Pendampingan Pelaksanaan Pendidikan Anti Korupsi Di SD ‘Aisyiyah Dan SD Muhammadiyah 8 Kota Malang. Borobudur Journal on Legal Services, 1(2), 46–58.

Handoyo, E. (2013). Pendidikan Anti Korupsi (Revisi). Penerbit Ombak. www.penerbitombak.com

Linanda, A. (2020). Membangun gen aksi keluarga jujur, keluarga bahagia, sebagai budaya anti korupsi berbasis keluarga. Masyarakat Berdaya dan Inovasi, 1(2), 74–79.

Megawangi, R. (2016). Pendidikan karakter: Solusi yang tepat untuk membangun bangsa. Indonesia Heritage Foundation.

Nilandari, A. (2014). Membangun GenAksi dari Keluarga Jujur Keluarga Bahagia (Komisi Pem).

Priambodo, E. R., Falah, M., & Silaban, Y. P. (2020). Mengapa Korupsi Sulit Diberantas. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora dan Politik, 1(1), 30–41.

Putra, I. A., Darmawan, C., & Syam, S. (2018). Pola asuh otoriter-demokratis dalam menanamkan pendidikan anti korupsi. Sosietas, 8(1), 485–489.

Rabi’e, M., & Nurhidayati, S. (2018). Pengembangan Model Pengembangan Model Pembangunan Budaya Antikorupsi Berbasis Keluarga di Kelurahan Prenggan, Kota Yogyakarta. INTEGRITAS, 4(1). https://doi.org/10.32697/integritas.v4i1.151

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kualitatif (3 ed.). Alfabeta.

Suyadi, S., Waharjani, W., Sumaryati, S., & Sukmayadi, T. (2020). Pelatihan Da’i Antikorupsi bagi Mubaligh-Mubalighah Terdampak Physical Distancing Akibat Pandemi Covid-19 di Kelurahan Prenggan, Kotagede, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 1051–1064.

Tim Penulis Buku Pendidikan Antikorupsi. (2011). Pendidikan Anti Korupsi untuk Perguruan Tinggi. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Tim Spora Communication. (2014). Semua Bisa Ber-Aksi (Panduan Memberantas Korupsi dengan Mudah dan Menyenangka). Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat Kedeputian Pencegahan Komisi Pemberantasan Koupsi.

Utami, M. N., Hasanah, U., & Tarma, T. (2016). Pengaruh pendidikan karakter anti korupsi dalam keluarga terhadap karakter anti korupsi pada remaja. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 3(1). https://doi.org/10.21009/jkkp.031.02

Waskito, M. N., & Pambudi, D. I. (2018). Penanaman nilai antikorupsi siswa SD melalui pendidikan keluarga di kampung Prenggan. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(3). https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i3.664




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/citizenship.v5i2.22410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dedek Helida Pitra

Our journal indexed by:

 

Jurnal Citizenship is published by Pancasila and Civic Education Program Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

J.Citizenship Counter