Generasi milenial dan Pancasila
Abstract
Artikel ini bertujuan mengelaborasi pandangan generasi milenial terhadap nilai-nilai Pancasila di media sosial. Dikarenakan konten yang bermaterikan nilai-nilai Pancasila di media sosial sangat jarang ditemui. Padahal konten Pancasila berperan sebagai sarana efektif untuk memperkenalkan dan memperkuat pemahaman generasi milenial terhadap nilai-nilai Pancasila. Minimnya konten Pancasila di media sosial, berdampak pada semakin jauhnya generasi milenial dalam pengamalan nilai luhur Pancasila sebagai pegangan hidup bersama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan berbasis pada data percakapan warganet di platform Twitter. Artikel ini berpendapat bahwa generasi milenial sangat membutuhkan konten Pancasila di media sosial. Artikel ini juga berpendapat bahwa dibutuhkan peran para aktor warganet dalam ikut memproduksi dan memperkuat konten berbasis Pancasila di media sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adji, W. S., Bashith, A., Nasith, A., & Amin, S. (2019). Identification of Social Symptoms Using the Drone Emprit Academic as a Support for Statistical Literacy. Abjadia: International Journal of Education, 04(02), 97–106. https://doi.org/10.18860/abj.v4i2.8412
Arianto, B. (2015a). Kampanye Kreatif dalam Kontestasi Presidensial 2014. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM, 19 (1), 16-39.
Arianto, B. (2020b). Salah Kaprah Ihwal Buzzer : Analisis Percakapan Warganet di Media Sosial. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan (JIIP) Undip, 5 (1), 1–20.
Arianto, B. (2020c). Peran Buzzer Media Sosial dalam Memperkuat Ekosistem Pemasaran Digital. Jurnal Optimum UAD, 10(1), 51-65.
Arianto, B. (2020d). Pemanfaatan Aplikasi Drone Emprit Academic dalam Menganalisis Opini Publik di Media Sosial. Journal of Social Politics and Governance, 2(2), 177-191.
Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 440-450.
Bowman, B. S., & Willis, C. (2003). We Media: How audiences are shaping the future of news and information. California: The Media Center at the American Press Institute.
Damanhuri, et al., (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2).
Effendi, F. P., & Dewi, D. A. (2021). Generasi Milenial Berpancasila di Media Sosial. Journal Civics & Social Studies, 5(1), 116-124.
Emillia, E. (2020). Penguatan Sila Ketiga Pancasila Sebagai Solusi Untuk Menghadapi Penyebarluasan Content Berunsur SARA Di Media Sosial. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 1-10.
Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL Indonesia Journal, 1(2).
Fahmi. I. (2019). Drone Emprit Academic: Software for Social Media Monitoring and Analytics. Available at http://uii.ac.id
Katadata.com. (2017). Polisi Bongkar Sindikat Saracen Penyebar Kebencian di Media Sosial. Diakses 31 Desember 2019.. www.Katadata.Com. https://katadata.co.id/berita/2017/08/23/polisi-bongkar-sindikat-saracen-penyebar-kebencian-di-media-sosial
Kominfo.go.id. (2016). Mengenal Generasi Milenial. Diakses 30 Desember 2019. https://www.kominfo.go.id/content/detail/8566/mengenal-generasi-millennial/0/sorotan_media
Loader, B. D., & Mercea, D. (2011). Networking democracy? Social media innovations and participatory politics. Information, Communication & Society, 14(6), 757-769.
Muharam, R.S., & Prasetyo, D. (2021). Pemanfaatan Media Youtube untuk Mendukung E-Learning Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan tinggi. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4 (1), 1-12.
Pratama, A. Y., & Noventari, W. (2018). Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila: Kajian Historis Dari Demokrasi Terpimpin Hingga Era Millenial. Seminar Nasional PKn UNNES (Vol. 2, No. 1, pp. 1-15).
Safitri, A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Pedoman Generasi Milenial dalam Bersikap di Media Sosial. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 78-87.
Susanto, H. (2018). Pendidikan karakter di Era Milenial. Seminar Nasional Pendidikan dan Kewarganegaan IV, 15-21).
Suwandi, N. P., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila Untuk Membangun Karakter Generasi Muda. Antropocene: Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(10), 1-6.
Triastuti, R. (2019). Teachers and technology: The perspective of digital citizenship. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(1), 22-28.
Wulandari, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Membumikan Pancasila Bagi Karakter Penerus Bangsa di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 926-930.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/citizenship.v4i2.18963
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Bambang Arianto
Our journal indexed by:
Jurnal Citizenship is published by Pancasila and Civic Education Program Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.