Korelasi antara penggunaan media video dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan peserta didik

Verawati Ningrum, Supriyadi Supriyadi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pada proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara penggunaan media video dan motivasi belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Pakem. Jenis penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 149. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket, tes, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan nilai r hitung (Pearson correlations) nilai r hitung antara X1 dengan Y adalah 0,048 < r tabel 0,361, tidak ada korelasi antara variabel (X1) dengan (Y). Selanjutnya, diketahui nilai r hitung antara motivasi belajar (X2) dengan pretasi belajar (Y) adalah sebesar 0,114 < 0,361, tidak ada korelasi antara variabel (X2) dengan (Y). Besarnya korelasi adalah 0,136, maka Ha ditolak dan Ho diterima, artinya tidak ada korelasi antara penggunaan media video dan motivasi belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan peserta didik kelas VIII tahun ajaran 2018/2019 SMP Muhammadiyah Pakem.


Keywords


media pembelajaran; video pembelajaran; motivasi belajar; prestasi belajar; ppkn

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/citizenship.v3i1.17999

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Verawati Ningrum, Supriyadi Supriyadi

Our journal indexed by:

        

Jurnal Citizenship is published by Pancasila and Civic Education Program Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

J.Citizenship Counter