Mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila melalui budaya sekolah di era digital

Dwi Anggia Wulandaria

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana budaya sekolah dalam mengimplementasikan nilai-nilai pancasila di era kewarganegaraan digital. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Sumber data di dapat dari dokumen yang sesuai dengan variabel berupa surat kabar, buku, prasasti, majalah, agenda dan sebagainya selanjutnya data yang didapat dianalisis dan digeneralisasikan dengan menggunakan kajian teori yang relevan. Hasil penelitian kewarganegaraan digital sebagai praktik dalam berprilaku saling menghormati dan toleran terhadap orang lain dengan meningkatkan pengawasan dari masyarakat. Hal tersebut sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila yaitu nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan yang dituangkan kedalam budaya sekolah.


Keywords


budaya sekolah; nilai-nilai pancasila; kewarganegaraan digital



DOI: http://dx.doi.org/10.12928/citizenship.v3i1.17997

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan

Our journal indexed by:

              


Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Publish by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education/AP3KnI). E-ISSN 2614-0039

 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 InternasionalVisitor Counter