Studi tentang pemahaman peserta didik terhadap perundungan di SMP Negeri 11 Yogyakarta
Abstract
Pemahaman tentang perundungan (bullying) sangat penting bagi para peserta didik, supaya mereka tidak lagi menjadi korban perundungan (bullying) pihak tertentu. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat pemahaman peserta didik terhadap Perundungan (bullying). Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian peserta didik kelas VIII dan IX SMP Negeri 11 Yogyakarta, dan objek penelitian adalah pemahaman peserta didik tentang perundungan (bullying). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi terhadap lingkungan sekolah dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, klasifikasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peserta didik mengetahui mampu menerjemahkan arti perundungan; (2) peserta didik mampu mengetahui faktor penyebab dan bentuk-bentuk perundungan (bullying); (3) peserta didik mampu memahami dampak perundungan dan mampu memberikan solusi permasalahan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.12928/citizenship.v2i2.17987
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aulia Ariska, Trisna Sukmayadi
Our journal indexed by:
Jurnal Citizenship is published by Pancasila and Civic Education Program Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.