Kampanye pemilihan presiden tahun 2019 dalam media cetak surat kabar Jawa Pos

Indra Marlina, Triwahyuningsih Triwahyuningsih

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara yang menganut paham demokrasi yang mendasari konsep partisipasi dalam pemilihan umum. Kampanye yang bertujuan untuk menarik simpatisan para khalayak umum melalui media kampanye. Pada realitanya dalam pelaksanaan kampanye terdapat penyimpangan seperti adanya kampanye hitam serta adanya janji yang berlebihan yang ditawarkan oleh calon kandidat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi dan tujuan dari suatu kampanye, khususnya kampanye pemilihan presiden tahun 2019 yang terdapat dalam media cetak surat kabar harian Jawa Pos. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif, metode penelitian menggunakan analisis isi. Obyek penelitian ini adalah semua isi kampanye calon presiden dan wakil presiden 2019 yang dimuat dalam media surat kabar Jawa Pos. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis isi tentang berita Jawa Pos 1 Maret – 13 April 2019 dengan data pustaka dan dokumentasi, kemudian kategorisasi berita disesuaikan dengan indikator lalu disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya janji politik kepada masyarakat yang bertujuan agar masyarakat mengetahui hal yang nantinya akan diperjuangkan calon kandidat. Program kerja yang direncanakan oleh calon kandidat dan timnya berupa visi dan program kerja (menyediakan lapangan pekerjaan) dapat memberikan kesejahteraan, mengurangi penganggur dan kemiskinan. Imbauan politik mengajak masyarakat untuk ikut serta menggunakan hak pilih dan ikut berperan aktif dalam pelaksanaan pemilu. Adanya saling sindir antar kandidat dalam kampanye.


Keywords


kampanye; pemilihan presiden; media cetak; surat kabar

Full Text:

PDF

References


Almaidah Nur Almunaware, P. M. (2015). Analisis Isi Berita Kontroversi Basuki Tjahaja Purnama Dalam Konteks Pengangkatan Gubernur DKI Jakarta Pada Surat Kabar Tribun Manado. e-Journal “Acta Diurnaâ€, 4-5.

Arifin, A. (2011). Komunikasi Politik Filsafat-Paradigma-Teori-Tujuan-Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bachtiar, F. R. (2014). Pemilu Indonesia: Kiblat Negara Demokrasi dari Berbagai Referensi. Jurnal Politik.

Cangara, H. (2014). Komunikasi Politik, Konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Daryanto, M. (2016). Teori komunikasi. Yogyakarta: Gava Media.

Taniredja, T. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Taniredja, T., Muis, I., Sutrisno, S., Ridha, M., & Suswanto, B. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan Paradigma Terbaru Untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta.

Wahidin, S. (2008). Hukum Pemerintahan Daerah Mengawasi Pemilihan Umum Kepala Daerah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/citizenship.v3i2.17924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indra Marlina, Triwahyuningsih Triwahyuningsih

Our journal indexed by:

 

Jurnal Citizenship is published by Pancasila and Civic Education Program Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

J.Citizenship Counter