Peranan organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta dalam penguatan keterampilan berpartisipasi kader

Vivi Sofia H. Malik, Dikdik Baehaqi Arif

Abstract


Partisipasi warga negara sangat mempengaruhi kemajuan suatu bangsa, termasuk partisipasi dari kader IMM. Fakta menunjukkan bahwa tingkat partisipasi kader IMM di masyarakat belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh belum pahamnya kader IMM tentang keterampilan dalam berpartisipasi. Keterampilan berpartisipasi meliputi keterampilan berinteraksi, memantau dan mempengaruhi merupakan bagian dari keterampilan kewarganegaraan yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta Periode 2018-2019 dalam penguatan keterampilan berpartisipasi kader. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus sebagai salah satu tradisi penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Ketua Bidang Kader, Ketua Bidang Hikmah, Ketua Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan, Ketua Bidang Organisasi dan Sekretaris Bidang Sosial Pemberdayaan Masyarakat. Objek penelitian ini adalah peranan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta Periode 2018-2019 dalam penguatan keterampilan berpartisipasi kader yang meliputi program kerja, pelaksanaan program kerja, dan evaluasi dan tindak lanjut/ follow-up. Teknik pengumpulan data ini meliputi wawancara dan studi dokumen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, dan pedoman studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Djazman Al Kindi sudah berperan dalam penguatan keterampilan berpartisipasi kader yaitu: Pertama, dilakukan melalui program kerja yang meliputi kegiatan Darul Arqam Dasar, Sekolah Pelopor Kader, Perisai Merah, dan Sekolah Kerakyatan; Kedua, dalam pelaksanaan program kerja tersebut, hasil yang diperoleh masih belum maksimal; Ketiga, faktor yang mempengaruhinya adalah koordinasi antara Pimpinan Cabang, Pimpinan Komisariat dan seluruh kader yang belum maksimal, dan masa jabatan yang hanya sebentar. Sehingga perlu adanya tindak lanjut berupa peningkatan koordinasi antara pimpinan cabang, pimpinan komisariat dan seluruh kader serta perlu adanya program kerja khusus maupun program kerja lainnya yang mengintegrasikan keterampilan-keterampilan berpartisipasi.


Keywords


ikatan mahasiswa muhammadiyah; kader; keterampilan berpartisipasi; keterampilan kewarganegaran

Full Text:

PDF

References


Agustina, L. T. (2019, Agustus 3). Bagaimana Peranan Organisasi IMM Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta Periode 2018-2019 Dalam Penguatan Keterampilan Berpartisipasi Kader (Program Kerja, Pelaksanaan Program Kerja, Evaluasi dan Tindakan/follow-up Program Kerja). (V. S. Malik, Interviewer)

Budiarjo, M. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakata: PT Gramedia Pustaka Utama.

Darmawan, R. A. (2019, Agustus 6). Bagaimana Peranan Organisasi IMM Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta Periode 2018-2019 Dalam Penguatan Keterampilan Berpartisipasi Kader (Program Kerja, Pelaksanaan Program Kerja, Evaluasi dan Tindakan/follow-up Program Kerja). (V. S. Malik, Interviewer)

Hariyanto, P. (2018). Masyarakat Harus Waspadai Ideologi Pengganti Pancasila. Yogykarta: Sindo News.

Kindi, P. C. (2019). Tanfiz Pimpinan Cabang Djazman Al Kindi Periode 2018/2019.

Kuriawan, S. J. (2019, Agustus 3). Bagaimana Peranan Organisasi IMM Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta Periode 2018-2019 Dalam Penguatan Keterampilan Berpartisipasi Kader (Program Kerja, Pelaksanaan Program Kerja, Evaluasi dan Tindakan/follow-up Program Kerja). (V. S. H.Malik, Interviewer)

Kurniawan, M. C. (2019, Agustus 6). Bagaimana Peranan Organisasi IMM Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta Periode 2018-2019 Dalam Penguatan Keterampilan Berpartisipasi Kader (Program Kerja, Pelaksanaan Program Kerja, Evaluasi dan Tindakan/follow-up Program Kerja). (V. S. Malik, Interviewer)

Nurdin, I. M. (2019, Juli 31). Bagaimana Peranan Organisasi IMM Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta Periode 2018-2019 Dalam Penguatan Keterampilan Berpartisipasi Kader (Program Kerja, Pelaksanaan Program Kerja, Evaluasi dan Tindakan/follow-up Program Kerja). (V. S. Malik, Interviewer)

Pribadi, I. (2016). Peranan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Dalam Pembentukan Perilaku Beragama Mahasiswa di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Jurnal Voice Of Midwifery, 05(07), 39-54.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, & Syaodih, N. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sustanti, K., Sobar, M., Kusumaningrum, A., Abdul, M., Kurrotul, Fauzi, R., et al. (2011). Sistem Pengkaderan Ikatan. Jakarta Pusat: Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.

Tukiran. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Bandung: Alfabeta.

Winataputra, & Budimansyah. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Perspektif Internasional (Konteks, Teori, dan Profil Pembelajaran). Bandung: Widya Aksara Press.

Yakub. (2011). PC.IMM Kota Makasar. Retrieved September 22, 2019, from https://immmakassar.wordpress.com/polemik-kaderisasi-ikatan-mahasiswa-muhammadiyah/




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/citizenship.v3i2.17922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Vivi Sofia H. Malik, Dikdik Baehaqi Arif

Our journal indexed by:

 

Jurnal Citizenship is published by Pancasila and Civic Education Program Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

J.Citizenship Counter