Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar PPKn melalui card sort

Moch Shidiq

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan minat dan hasil belajar PPKn materi Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila di kelas VIIIG SMP Negeri 6 Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah: meningkatkan minat dan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganageraan (PPKn) memahami kedudukan dan fungsi Pancasila siswa kelas VIIIG SMP Negeri 6 Klaten tahun pelajaran 2015/2016 dengan metode pembelajaran Card Sort. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pemanfaatan Pembelajaran dengan model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 6 Klaten pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 dalam materi mamahami kedudukan dan Fungsi Panacasila. Minat belajar siswa meningkat, pada saat pra siklus hanya 34% meningkat menjadi 66% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 90% pada akhir siklus II. Rata-rata nilai meningkat dari 52,93 (pra siklus) menjadi 75,17 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 83,62 pada siklus II. Prosentase ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan. Dari 10% pada pra siklus menjadi 45% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 93% pada siklus II

Keywords


minat, hasil belajar, card sort, ppkn

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/citizenship.v3i2.17771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Moch Shidiq

Our journal indexed by:

 

Jurnal Citizenship is published by Pancasila and Civic Education Program Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

J.Citizenship Counter