Peranan Pembina Pramuka dalam Mengembangkan Karakter Kepemimpinan Siswa di SMP Negeri 3 Depok Sleman

Ibnu Hanif Asnawi, Triwahyuningsih Triwahyuningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Pembina Pramuka dalam mengembangkan karakter kepemimpinan siswa di SMP Negeri 3 Depok Sleman. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, unitisasi dan kategorisasi, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peranan Pembina Pramuka dalam mengembangkan karakter kepemimpinan siswa di SMP Negeri 3 Depok Sleman adalah: 1) Dalam aspek pengembangan integritas siswa, Pembina Pramuka melibatkan siswa dalam merencanakan program kegiatan, menampilkan sikap dan perilaku yang baik dan memberikan kesempatan kepada beberapa siswa yang sudah diangkat sebagai Dewan Penggalang untuk ikut membantu membina; 2) Dalam aspek pengembangan kecerdasan siswa, Pembina Pramuka memberikan materi-materi atau kegiatan yang mengajak siswa untuk berfikir dalam menyelesaikannya; 3) Dalam aspek pengembangan keberanian siswa, Pembina Pramuka memberikan materi-materi latihan yang sifatnya menarik dan menantang; 4) Dalam aspek pengembangan inisiatif siswa, Pembina pramuka memberikan kesempatan yang luas kepada peserta didik untuk mengekspresikan idenya dalam kegiatan; 5) Dalam aspek pengembangan penilaian siswa, Pembina Pramuka memberikan tugas individu maupun kelompok kepada siswa.


Keywords


Pembina Pramuka; Karakter Kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


Anggadiredja, Jana T, dkk. (2011). Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum Penggalang. Jakarta: Kwarnas Gerakan Pramuka.

Kartono, Kartini. (2011). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Lembaga Pendidikan Kader Gerakan Pramuka Tingkat Nasional (LPKGPTN). (tt). Panduan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar. Yogyakarta: Lembaga Pendidikan Kader Gerakan Pramuka Tingkat Nasional

Moleong, Lexy, J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Husada

Muliawan, J.S. (2008). Epistemologi Pendidikan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter (Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional). Jakarta: Bumi Aksara

Poerwadarminta, W.J.S. (1995). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PT.Balai Pustaka

Timpe, A Dale. (1993). Kepemimpinan. Jakarta: PT Elex Komputindo

UU Republik Indonesia No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka

UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter, Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

http://esco1011.blogspot.com/2011/08/pramukapenggalang.html (diakses pukul 20.00, tanggal 14 april 2013)

http://setkab.go.id/berita-8083-kurikulum-2013-pramuka-jadi-kegiatan-wajib-ekstrakurikuler.html (diakses pukul 21.00, tanggal 7 juli 2013)

http://surabaya.okezone.com/read/2013/07/09/521/834303/pembina-pramuka-cabuli-siswi-smp-saat-acara-perkemahan (diakses pukul 21.25, tanggal 7 juli 2013)




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/citizenship.v3i2.10676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ibnu Hanif Asnawi, Triwahyuningsih Triwahyuningsih

Our journal indexed by:

 

Jurnal Citizenship is published by Pancasila and Civic Education Program Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

J.Citizenship Counter