MEMPERTAHANKAN PASAR MEDIA CETAK MELALUI KONTEN AUGMENTED REALITY/AR (Studi pada Koran Tribun Jogja)

Fitri Yuliantri Permana

Abstract


Abstrak
Penggunaan teknologi adalah hal yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis media agar dapat
mempertahankan eksistensinya. Tribun Jogja, koran cetak lokal di wilayah D.I. Yogyakarta dan
Jawa Tengah bagian selatan, menambahkan konten Augmented Reality (AR) sebagai upaya
memadukan teknologi dengan media konvensional.
Penelitian ini menggunakan metodologi studi kasus untuk menganalisis penggunaan
teknologi AR pada koran cetak Tribun Jogja. Dilihat dari sisi strategis, penggunaan teknologi AR
dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan dan sebagai branding sebagai koran
cetak lokal yang selalu terdepan dalam inovasi. Penggunaan teknologi AR juga berdampak pada
perubahan manajemen pemberitaan.
Kata kunci: Tribun Jogja, Augmented Reality, koran cetak lokal.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/channel.v5i2.7977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

...........................................................

Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) and Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJKI).

ISSN 2339-2681 (print) and ISSN 2621-2579 (online)

Creative Commons License


Channel: Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats