MEMBEDAH MAKNA TEMAN MURNI DALAM IKLAN BEAR BRAND (Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Iklan Bear Brand Versi ‘Teman Murni’)

Freddy Yusanto

Abstract


Abstrak
Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa lepas dari pengaruh manusia lain. Karena pada
dasarnya didalam diri manusia ada dorongan untuk berhubungan dengan orang lain.
Hal inilah yang membuat nilai sosial pertemanan sangat sering kita jumpai dalam kehidupan
kita. Pertemananpun seringkali menjadi tema utama dalam sebuah iklan komersil, seperti iklan
Bear Brand yang menjadikan “Teman Murni†sebagai tagline nya. Betapa seorang teman murni
menjadi sebuah kekuatan yang mampu membuat seseorang mampu bertahan dalam menghadapi
cobaan hidup.
Analisa ini menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes untuk membedah tandatanda
yang ditampilkan dalam iklan secara konotasi, denotasi dan mitos. Kemudian penulis juga
menggunakan komunikasi kinesik untuk membedah tanda yang berada pada ranah facial sign,
gesture serta body posture.
Kesimpulan dari analisa ini, level denotasi yang ditampilkan ‘meminjam’ moment yang
sedang muncul pada saat itu, yaitu tahun baru Imlek. Sedangkan pada level konotasi, tanda yang
ditampilkan didukung oleh komunikasi kinesik yang baik sehingga makna teman murni sebagai
representasi teman sejati tersaji dengan baik dalam iklan ini. Iklan ini mencoba mendekonstruksi
makna sebuah kesuksesan. Sukses tidak cukup dengan materi yang berlimpah, sukses yang
sebenarnya adalah bagaimana kita menyikapi secara positif pencapaian yang telah kita raih,
menikmati dan mensyukurinya. Sukses yang sebenarnya adalah ketika kita dapat membahagiakan
orang-orang disekitar kita dan ‘teman murni’ adalah bagian dari proses untuk mencapai sebuah
kesuksesan.
Kata Kunci: Iklan, Makna, Teman Murni, Semiotika Roland Barthes.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/channel.v5i2.7975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

...........................................................

Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) and Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJKI).

ISSN 2339-2681 (print) and ISSN 2621-2579 (online)

Creative Commons License


Channel: Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats