MOTIVASI PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE SHOPPING PADA INSTAGRAM (Analisis Deskriptif Motivasi Konsumen dalam Melakukan Pembelian Online Pada Instagram)

Dewa Ayu Cistaning, Catur Nugroho

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi konsumen dalam melakukan aktivitas
online shopping yang berdampak langsung terhadap tingginya pembelian impulsif pada instagram.
Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswi dari beragam universitas di Kota Bandung. Peneliti
menggunakan metode deskriptif kualitiatif guna mendeskripsikan secara menyeluruh dan mendalam
mengenai motivasi pembelian impulsif dalam aktivitas online shopping pada instagram. Penelitian
ini menggunakan paradigma konstruktivis dan menggunakan tehnik wawancara mendalam serta
observasi dalam proses pengumpulan hasil penelitan.
Hasil penelitian menunjukan adanya motif utilitarian atau motif irrasional yang
mendominasi argumentasi para informan yang kerap melakukan pembelian impulsif. Karakteristik
pribadi yang mempengaruhi adalah umur dan daur hidup, pekerjaan, situasi ekonomi, gaya hidup
dan konsep diri. Sedangkan, faktor eksternal yang paling mempengaruhi adalah faktor lingkungan.
Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan motivasi pembelian impulsif dalam kegiatan online
shopping adalah hadirnya hasrat hedonistik, kebutuhan self esteem dan self actualization, persepsi
konsumen terhadap pengambilan keputusan dan persepsi konsumen terhadap keputusan. Selain itu,
peneliti menemukan keberalihan cara pandang setiap konsumen terhadap suatu produk. Para
konsumen tidak hanya melihat dari fungsinya saja sebagai suatu kebutuhan, namun, melihatnya
sebagai alat pemenuhan kepuasaan dan pengaktualisasian diri.
Kata kunci: motivasi belanja, online shopping, pembelian impulsif, instagram

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/channel.v5i2.7974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

...........................................................

Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) and Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJKI).

ISSN 2339-2681 (print) and ISSN 2621-2579 (online)

Creative Commons License


Channel: Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats