EFEKTIVITAS CSR DALAM MENGANTISIPASI KRISIS MELALUI PENDEKATAN INVESTASI SOSIAL (PROGRAM CSR “MASAK BESAR 2.705 PORSI NASI GORENG†JOGJA CITY MALL)

Raditia Yudistira Sujanto

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti pada pentingnya bagi sebuah
organisasi untuk melakukan investasi sosial dalam masyarakat, terutama dalam masyarakat sekitar
berdirinya organisasi. Investasi sosial dapat dilaksanakan melalui program corporate social
responsibility (CSR). Pelaksanaan CSR itu sendiri sebaiknya dilakukan selama tahap pra-krisis
atau selama masa manajemen isu. Objek penelitian ini adalah program CSR Jogja City Mall (JCM)
yang bertajuk “Masak Besar 2.705 Porsi Nasi Goreng†di mana anggota masyarakat diundang
untuk terlibat langsung di dalamnya. JCM sendiri sebelumnya sempat dilanda beberapa keluhan
dan sikap tidak suka dari pihak masyarakat sekitar. Peneliti kemudian ingin mencari tahu efektivitas
program CSR dalam mengantisipasi krisis bagi organisasi sekaligus sebagai bentuk investasi sosial
perusahaan.
Kata kunci: investasi sosial, CSR, manajemen isu, antisipasi krisis.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/channel.v5i1.6356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

...........................................................

Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) and Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJKI).

ISSN 2339-2681 (print) and ISSN 2621-2579 (online)

Creative Commons License


Channel: Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats