QUALITY NEWS DAN POPULAR NEWS SEBAGAI TREND PEMBERITAAN MEDIA ONLINE (Studi Deskriptif Kualitatif Trend Pemberitaan Quality News dan Popular News pada Media Online Nasional di Indonesia Periode 2016)

Rani Dwi Lestari

Abstract


Abstrak
Pesatnya perkembangan media online khususnya portal berita di Indonesia, memunculkan
beragam informasi yang disajikan untuk masyarakat. Portal media online bahkan terus bermunculan
seiring pesatnya perkembangan pasar pengakses informasi melalui fasilitas internet.
Ramainya portal media online yang bermunculan ini sekaligus juga memunculkan gaya penyajian
berita yang berbeda-beda pada tiap kanal. Namun demikian, tidak seluruhnya mampu menyajikan
pemberitaan sesuai dengan kaidah karya jurnalistik yang selama ini berlaku. Tulisan ini akan
mencoba mendiskripsikan pola penyajian berita di situs-situs berita online Indonesia sebagai trend
pemberitaan. Pada bagian awal, tulisan ini akan membahas perkembangan dan karakteristik media
online di Indonesia. Bagian kedua akan dibahas mengenai pola-pola penyajian pemberitaan media
online dan di bagian selanjutnya akan dipaparka trend pemberitaan media online yang merujuk
pada Quality News dan Popular News.
Kata kunci: Media Online, Berita, Internet, Trend Pemberitaan, Quality News, Popular
News.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/channel.v5i1.6355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

...........................................................

Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) and Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJKI).

ISSN 2339-2681 (print) and ISSN 2621-2579 (online)

Creative Commons License


Channel: Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats