ANALISIS AKTIVITAS PEMBETUKAN CITRA POLITIK HARY TANOESOEDIBJO Studi Semiotika Peirce pada Iklan TV Perindo “Mars Perindo Versi 2”

Betari Chintya Ariviyanti

Abstract


ABSTRAK
Iklan merupakan bagian penting dari pemasaran suatu produk dan jasa. Dewasa ini iklan
televisi mulai dimasuki oleh iklan partai politik, terutama saat akan diadakannya Pemilu. Partai
politik mulai berlomba untuk berkampanye melalui iklan televisi guna mendapatkan suara dari
masyarakat saat hari pemilihan tiba. Berlaku juga pada partai Perindo yang baru saja berdiri dan
diketuai oleh Hary Tanoesoedibjo yang juga sebagai pemilik media di Indonesia. Hary
Tanoesoedibjo memang sudah dikenal baik sebagai seorang pengusaha namun karir politiknya
masih terbilang baru. Berawal dari hal tersebut maka penulis ingin meneliti lebih jauh bagaimana
citra politik yang ditampilkan oleh Hary Tanoesoedibjo dalam iklan TV Perindo versi mars Perindo.
Penelitian ini bertujuan juga untuk mengetahui citra politik yang ditampilkan Hary Tanoesoedibjo
dalam iklan TV Perindo versi mars Perindo. Dalam meneliti citra politik Hary Tanoesoedibjo,
penulis menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivis dan menggunakan analisis
semiotika Charles Sanders Peirce melalui pengumpulan data berupa observasi dan tinjuan
literatur. Objek dari penelitian ini adalah pencitraan politik Hary Tanoesoedibjo dalam iklan
Perindo versi mars Perindo dengan 15 adegan dalam iklan sebagai unit analisis. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pencitraan politik Hary Tanoesoedibjo dibagi atas empat kategorisasi, yaitu
persepsi mengenai citra kandidat politik, persepsi mengenai citra partai politik, persepsi mengenai
citra kandidat politik dalam menanggapi isu, persepsi mengenai peristiwa dalam kampanye politik.
Kata kunci: pencitraan politik, hary tanoesoedibjo, semiotika, charles sanders peirce, iklan
televisi, ikon indeks simbol.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.