BRANDING DAN EKSISTENSI PRODUK (KAJIAN TEORITIK KONSEP BRANDING DAN TANTANGAN EKSISTENSI PRODUK)

Muhammad Nastain

Abstract


Abstrak
Persaingan ddalam dunia industry tidak mengakomodir stagnasi produk dan brand.
Mereka yang tidak peka dengan perubahan dan tantangan pasar akan terlindas oleh competitor.
Diperlukan upaya menyeluruh dan terus menerus untuk mempertahnakan brand. Eksistensi produk
ditopang dengan adanya differensiasi sebegai jawaban pemenuhan eksektasi pasar. Konsumen
memiliki hak sepenuhnya untuk menentukan pilihan produk ditengah ketatnya persaingan antar
produk. Proses branding dan eksistensi produk memberikan jawaban dari tantangan setiap perubahan
dalam bidang pemasaran. Strategi branding berupaya menempatkan produk pada posisi
bersaing kompetitif dengan produk lain.
Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif untuk menggali informasi terkait
konsep brand dan differensiasi produk. Membangun brand dapat dilakukan dengan “membangun”
kepercayaan publik secara massif dan kontinyu atau dengan “meminjam” atau melekatkan dengan
brand yang sudah lebih mapan. Akan tetapi perubahan mindset pelaku usaha dalam memperlakukan
brand menjadi kata kunci utama yakni menempatkan brand sebagai asset. Selanjutnya mempertahankan
ekuitas brand berada dalam skala atas merupakan prioritas. Menempatkan brand pada

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.