Persepsi Anak Muda Tentang Radio Muslim (Studi Kualitatif Terhadap Pendengar Radio MQ FM Yogyakarta)

Fatma Dian Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan dan menjelaskan persepsi anak muda tentang radio muslim sebagai media dakwah. Menggunakan 4 aspek dakwah sebagai unit analisis, yaitu 1. Isi Al Quran dan Hadits, 2. Dai 3. Metode dakwah dan 4. Target audiens Penelitian ini menjadikan 6 orang anggota Sahabat MQ sebagai narasumber penelitian. Mewakili dari sisi gender 3 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Dari sisi usia, 2 orang mewakili usia muda awal (19-23 tahun), 2 orang menengah muda (24-27 tahun), dan 2 orang mewakili akhir usia muda (28-30 tahun). Didapatkan hasil bahwa, persepsi mereka mengenai isi Al-Quran dan hadits adalah bahwa mereka disiarkan dengan bagus dan berlaku juga untuk aspek yang lain. Hal ini mengindikasikan bahwa mereka masih membutuhkan radio dakwah sebagai alternatif stasiun radio untuk didengarkan. Selain itu, MQ FM juga telah berhasil mendorong para anak muda ini untuk melakukan dakwah, dan bahwa radio dakwah dalam hal ini MQ FM menjadi metode yang tepat untuk melakukan dakwah kepada anak muda.

 

Kata kunci persepsi, anak muda, radio muslim


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/channel.v4i1.4209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

...........................................................

Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) and Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJKI).

ISSN 2339-2681 (print) and ISSN 2621-2579 (online)

Creative Commons License


Channel: Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats