Sosialisasi Budaya Organisasi di Pondok Pesantren Muhammadiyah: Studi Kasus Sosialisasi Budaya Organisasi di Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah
Muhammad Najih Farihanto
Abstract
Sosialisasi budaya organisasi menjadi bagian yang wajib dilakukan bagi pengelola organisasi dalam penguatan nilai-nilai budaya organisasi. Robbins (2003) mengatakan terdapat tiga tahap dalam sosialisasi budaya organisasi yaitu tahap prakedatangan, tahap pertemuan, dan tahap metamorfosis. Dalam penelitian ini, teori sosialisasi budaya organisasi tersebut diujikan dalam organisasi pondok pesantren Muhammadiyah yaitu Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM). Dalam penelitian ini menghasilkan fakta bahwa teori sosialisasi budaya organisasi yang dikemukakan oleh Robbins dapat direalisasikan di PUTM. Dalam penelitian ini juga membahas tentang berbagai temuan tentang fenomena komunikasi yang terjadi dalam sosialisasi budaya organisasi di PUTM. Penelitian ini menggunakan studi kasus, agar lebih terfokus kepada objek kajian serta mampu menjelaskan objek-objek di sekitar kajian. Juga dalam makalah ini menggunakan motode wawancara, penelususan dokumen dan observasi langsung dalam proses pengumpulan data.
Kata kunci: Sosialisasi, Budaya Organisasi, Pondok Pesantren
Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Ikatan Sarjana KomunikasiIndonesia (ISKI) and Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJKI).