Komunikasi CSR Program CSR Rumah Srikandi PT Sari Husada Yogyakarta Kepada Stakeholder

Aswad Ishak

Abstract


Penelitian komunikasi corporate social responsibility (CSR) public relations kepada stakeholder PT Sari Husada Yogyakarta bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah aktivitas yang dilakukan public relations dalam mengkomunikasikan program corporate social responsibility (CSR) PT Sari Husada Yogyakarta kepada stakeholder internal dan eksternal. Obyek penelitian ini adalah program corporate social responsibility (CSR) PT Sari Husada Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang memberikan gambaran secara mendetail tentang latarbelakang, sifat-sifat serta karakter yang khas dari kasus yang diteliti yakni bagaimana aktivitas yang dilakukan public relations dalam mengkomunikasikan program corporate social responsibility (CSR) kepada stakeholders internal dan eksternal PT Sari Husada Yogyakarta.

 

Hasil yang diperoleh, PT Sari Husada melaksanakan program CSR Rumah Srikandi dengan melakukan kerjasama dengan PKPU Yogyakarta untuk pengelolaannya. Komunikasi kegiatan CSR dilakukan dengan mengandalkan media sosial berbasis online yang ditunjang oleh siaran pers untuk media massa dan pembuatan buletin. Kegiatan komunikasi yang telah dilakukan belum menunjukkan efektifitasnya karena persoalan sumberdaya manusia pengelolanya yang belum memadai dari sisi kemampuannya.

 

Kata kunci: Komunikasi, public relations, corporate social responsibility (CSR), stakeholde.

 


Full Text:

PDF

References


Pustaka:

Cutlip, Scoot M. Center, Allen H & Broom, Glen M. (2000). Effektive Public Relations. Penerjemah Ch Renete Pohan. Edisi kedelapan. Jakarta: Indeks

Fajar, Mukti (2010). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia: Studi tentang penerapan ketentuan CSR pada perusahaan multi nasional, swasta nasional & BUMN di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Iriantara, Yosal (2004). Community Relations. Konsep dan Aplikasinya: Bandung Simbiosa Rekatama Media

Jalal. Komunikasi Keberlanjutan, Kehumasan Gaya Baru diakses dari http://www.csrindonesia.com/data/resensi/20080319100029-resdoc.pdf

Post, James E., Lawrance, Anne T., dan Weber, James (1999). Business and Society: Corporate Strategy, Public Policy, Ethics, 9 edition, USA: Irwin McGraw-Hill

Untung, Hendrik Budi. (2009). Corporate social responsibility. Jakarta: Sinar Grafika Tanaya, Jimmy (2004). Tanggung Jawab Sosial Korporasi. Surakarta: The Business Watch

Indonesia

Moleong J, Lexy (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Nazir, Moh. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Wawancara:

Akhta Sehendra, Project Manager Rumah Srikandi, PKPU Yogyakarta

Endah Prasetyoningtyas, Public Relations Officer PT Sari Husada Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/channel.v3i1.2418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

...........................................................

Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) and Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJKI).

ISSN 2339-2681 (print) and ISSN 2621-2579 (online)

Creative Commons License


Channel: Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats