Ekonomi Politik Vincent Moscow oleh Media Online Entertainment kapanlagi.comâ„¢

Indah Wenerda

Abstract


 

KapanLagi.com salah satu media online yang banyak diakses oleh masyarakat di Indonesia. Media online ini menyediakan berbagai macam informasi terkait selebritis, dunia hiburan dan gaya hidup lainnya.

 

Seiring perkembangannya, media online KapanLagi.com yang mengalami pasang surut. Demi mempertahankan eksistensi, profit merupakan salah satu ideologi yang harus selalu dipertahankan. Mekanisme pengumpulan profit dilakukan dengan mengadakan pemberitaan yang selalu berpacu dengan kecepatan waktu. Akibatnya setiap membuat pemberitaan tidak melakukan kroscek kebenaran, sehingga mengesankan pemberitaan yang asal-asalan.

 

Jika dianalisa fenomena menggunakan kaca mata ekonomi politik, Vincent Moskow, menyebutkan bahwa dalam kegiatan produksi media online KapanLagi.com terdapat praktik komodifikasi, spasialisasi, dan strukturasi yang terjadi.

 

Kata Kunci: media, online, infotainment, dan profit.


Full Text:

PDF

References


Pustaka:

Bakardjieva, Maria. Internet Society - The Internet in Everyday Life. Sage Publication. 2006. Newyork, Thousand Oaks, New Delhi.

Bell, David. An Introduction to Cybercultures. Routledge. 2001. London & Newyork. Herman Edward S.. Chomsky, Noam. Manufacturing Consent, The Political Economy of

Mass Media. Pantheon Book. Newyork.

Mosco, Vincent. The Political Economy of Communication. 2009. Sage Publication. Rianto, Puji. Yusuf, Iwan Awaluddin. Cahyono, Moch. Faried. Zhuri, Saifudin. Adiputra,

Wisnu Martha. Siregar, Amir Effendi. Dominasi TV Swasta (Nasional), Tergerusnya Keberagaman Isi dan Kepemilikan. PR2Media. 2012. Yogyakarta.

Santosa, Hedi Pudjo. Menelisik Lika-liku Infotainment di Media Televisi. Gapai Asa Media Prima. Yogyakarta.

Internet:

http://www.indonesianfilmcenter.com, diakses pada tanggal 20 April 2013. http://Kapanlagi.com, diakses pada tanggal 14 April 2013. http://Wikipedia/kapanlagi.com, diakses pada tanggal 13 April 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/channel.v3i1.2417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

...........................................................

Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) and Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJKI).

ISSN 2339-2681 (print) and ISSN 2621-2579 (online)

Creative Commons License


Channel: Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats