GASTRODIPLOMASI SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA YOGYAKARTA

Rifdah Zulfa Ghina Nabilah, Didiet Kurniawan Bintoro, Yoga Refi Indrawan, Nunik Hariyanti

Abstract


Gastrodiplomasi atau pemanfaatan kuliner sebagai media berdiplomasi telah dilakukan oleh beberapa Negara, seperti Thailand, Korea Selatan, dan Jepang. Indonesia, terutama Yogyakarta dengan ragam kuliner dan budaya juga turut mengembangkan kuliner sebagai strategi dalam diplomasi. Penelitian ini berfokus pada strategi pengembangan potensi pariwisata kuliner Yogyakarta melalui gastrodiplomasi. Dengan melihat angka peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke Yogyakarta sebagai pengaruh dari strategi gastrodiplomasi. Selain itu, penelitian ini meninjau bagaimana pengaruh gastrodiplomasi dalam meningkatkan nation branding dan brand awareness negara lain terhadap Indonesia. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan wawancara dan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa gastrodiplomasi adalah suatu upaya atau strategi dalam pengembangan potensi pariwisata dan memberikan pengaruh dalam peningkatan kunjungan turis dan citra positif Yogyakarta.


Keywords


Gastrodiplomasi, Diplomasi Publik, Gastronomi

Full Text:

PDF

References


Buku

Badan Pusat Statistik Indonesia. 2018. Statistik Indonesia : Statistical Yearbook Of Indonesia 2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia

Badan Pusat Statistik Kota Yogyakarta. 2018. Kota Yogyakarta dalam Angka : Yogyakarta Municipality in Figure. Yogyakarta: Badan Pusat Statistik Yogyakarta

Badan Pusat Statistik Kota Yogyakarta. 2019. Kota Yogyakarta dalam Angka : Yogyakarta Municipality in Figure. Yogyakarta: Badan Pusat Statistik Yogyakarta

Hadari Nawawi. 1995. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Universitas Gajah Mada Yogyakarta

Koentjaraningrat. 1997. Sejarah Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia

Moleong, Lexy. 1999.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Patton, M.Q. 2001. Qualitative Research and Evaluation Methods. Thousand Oaks, CA: Sage Publications

Jurnal

Kurniawan M, Wahyu. 2015. “Analisis Strategi Gastrodiplomasi Dalam Pendekatan Gastronasionalisme Terhadap Dinamika Perkembangan Ekonomi Politik Korea Selatanâ€, Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie, Vol 3, No 03

Pujayanti, Adirini. 2017. Gastrodiplomasi – Upaya Memperkuat Diplomasi Indonesia.

Purwasito, Andrik dkk. 2016. “Gastrodiplomasi sebagai penjuru diplomasi ekonomi Indonesiaâ€. Surakarta: Kerjasama Penelitian dan pengembangan kebijakan Kemenlu dan Prodi HI Fisip Univ Sebelas Maret

Internet

Gudeg.Net. “Wonderfoof Otentik Jogja, Ajang Jadikan Kuliner Jadi Daya Tari Wisataâ€, 21 Maret 2019, diakses 25 September 2019, https://gudeg.net/read/12869/wonderfood-otentik-jogja-ajang-jadikan-kuliner-jadi-daya-tarik-wisata.html

Kementerian Luar Negeri, “Kuliner sebagai Bagian dari Diplomasi Ekonomi Indonesiaâ€, 15 November 2011, diakses 18 November 2019. http://www.kemlu.go.id/id/kebijakan/diplomasi-ekonomi

Kementerian Luar Negeri, “Meningkatkan Promosi Kuliner Indonesia ke Seluruh Dunia melalui Gastrodiplomasiâ€, 17 Oktober 2019, diakses 20 September 2019, https://kemlu.go.id/portal/id/read/688/berita/meningkatkan-promosi-kuliner-indonesia-ke-seluruh-dunia-melalui-gastrodiplomasi

Liputan 6, “Gastrodiplomasi, Upaya Promosi Kuliner Indonesia ke Seluruh Duniaâ€, 18 Oktober 2019, diakses 20 September 2019, https://www.liputan6.com/global/read/4088806/gastrodiplomasi-upaya-promosi-kuliner-indonesia-ke-seluruh-dunia

Lokal 101. “Festival Kuliner – Wonderfood Otentik Jogjaâ€, 23 Maret 2019, diakses 25 September 2019, https://lokal101.com/detail/68df70d0-43bb-11e9-bee4-87322f716685/festival-kuliner-wonderfood-otentik-jogja

Wawancara

Bahrul Muflih Nurhabib. 2019. “Strategi Gastrodiplomasi dalam Pengembangan Pariwisataâ€. Hasil Wawancara Pribadi: 13 November 2019, SDM Dinas Pariwisata Provinsi Yogyakarta

Erni. 2019. “Strategi Gastrodiplomasi dalam Pengembangan Pariwisataâ€. Hasil Wawancara Pribadi: 18 November 2019, Kantor Kepala Bidang Pengembangan SDM Dinas Pariwisata Provinsi Yogyakarta

L.S Don Charles. 2019. “Strategi Gastrodiplomasi dalam Pengembangan Pariwisataâ€. Hasil Wawancara Pribadi: 25 November 2019, Kantor Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/channel.v8i1.15090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

...........................................................

Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) and Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJKI).

ISSN 2339-2681 (print) and ISSN 2621-2579 (online)

Creative Commons License


Channel: Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats