Pembangunan Partisipasi Politik Generasi Muda Melalui Website dan Twitter Jejak Parlemen

Imaddudin M.I.Kom, Tri Susanto

Abstract


 

Pembangunan partisipasi politik generasi  muda saat ini sering dilakukan baik yang diselenggarakan pemerintah, swasta ataupun organisasi hal ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi politik di kalangan generasi muda sebuah organisasi yang diciptakan untuk menghilangkan kegundahan itu dengan harapan dapat membangun sistem demokrasi yang lebih matang di tahun pemilihan anggota legislatif tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran agen pendidikan politik dalam partisipasi generasi muda di era digital. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dampak jejakparlemen sebagai agen pendidikan politik generasi muda terhadap pelaksanaan partisipasi politik.

Data penelitian diperoleh melalui hasil wawancara, observasi, dan juga studi literatur yang relevan dengan permasalahan penelitian diatas. Data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan peran agen terhadap pelaksanaan partisipasi politik generasi muda belum berjalan secara baik. Selanjutnya, pendidikan politik generasi muda melalui akun @WikiDPR sebagai akun dari jejakparlemen belum memberi dampak yang signifikan terhadap pelaksanaan partisipasi politik.

Peneliti menyarankan perlunya mengintensifkan pelaksanaan sosialisasi politik kepada generasi politik. Perlunya pemerintah dan stakeholder mengoptimalkan peran setiap agen pendidikan politik sebagai mitra bagi pelaksanaan pendidikan politik. Perlunya generasi muda diberi kesempatan serta tanggung jawab yang lebih luas dalam ruang publik seperti halnya dilibatkan sebagai anggota partai politik, ataupun organisasi sosial politik lainnya.

 


Keywords


ABSTRAK Pembangunan partisipasi politik generasi muda saat ini sering dilakukan baik yang diselenggarakan pemerintah, swasta ataupun organisasi hal ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi politik di kalangan generasi muda sebuah organisasi yang dici

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/channel.v8i1.15014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

...........................................................

Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) and Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJKI).

ISSN 2339-2681 (print) and ISSN 2621-2579 (online)

Creative Commons License


Channel: Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats