Representasi Identitas Nasionalisme Indonesia dalam Iklan Rokok Dji Sam Soe “Mahakaryaâ€

Luthfi Abdul Aziz

Abstract


Dji Sam Soe “Mahakarya†is one of the Indonesian cigarette advertisements that raises the theme of nationalism. Dji Sam Soe “Mahakarya†gave a message of nationalism to continue to love his own country, namely Indonesia. The advertisement invites the Indonesian people to continue to love this countryamid the rapid pace of modernization. This udy aims to determine therepresentation of national identity in the cigarette advertisement of Dji SamSoe “Ma erpieceâ€. The research method used is descriptive qualitative. Data analysis in the form of identifying signs, under anding, and analysis. Theresults showed that there were two forms of representational meanings in the Dji Sam Soe “Mahakarya†ad, namely the representation of national identity in Mooie Indie and representation of Balinese cultural inclusion. National identity representation in Mooie Indie is shown in the aspect of love for theland of birth. Love of birthplace visualized by the ate of Indonesia. Its formis in the form of loving one’s own country.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. )2001(. Pluralisme Agama dan Kerukunan dalam Keagamaan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Alex, Sobur. )2004). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Alwi, Hasan. )2001(. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pu aka.

Andayani, Dian )2012(. Pendidikan Karakter dan Kebudayaan Indonesia. Bandung: PT Remaja.

Barthes, Roland. )2012(. Elemen-Elemen Semiotika. Terjemahan M. Ardiansyah. Jogjakarta: Ircisod.

Biagi, S. )2010(. Media/Impact: Pengantar Media Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Burton, Graeme. )2000(. Talking Television: An Introduction to The Study of Television. London: Arnold.

Daryono dkk. )2011(. Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Davis, H., & Walton, P. )2010(. Bahasa, Citra, Media. Yogyakarta: Jalasutra.

Dewi, Bungi. )2010(. Seni Tari Tradisional. Jakarta:Yusdisdtira.

Durianto, dkk. )2003). Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif: Strategi, Program, dan Teknik Pengukuran. Gramedia

Pu aka Utama, Jakarta.

Emzir. )2010). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Fiske, John. )1990). Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar. Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Gunawan, Heri. )2012(. Pendidikan Pancasila. Bandung : P.T. Alumni.

Hall, S. )Ed.(. )1997(. Representation: Cultural Representations And Signifying Practices )Vol. 2(. Sage.

Hereyah, Y. )2012(. Komodi kasi Budaya Lokal Dalam Iklan: Analisis Semiotik Pada Iklan Kuku Bima Energi Versi Tari Sajojo. In Prosiding Seminar Nasional Menggagas Pencitraan Berbasis Kearifan Lokal. Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman. )Vol. 28, pp. 21-33(.

Ikhsan, Suli ya. (2014). Sikap Mandiri sebagai Perwujudan Cinta Tanah Air. Batam: Interaksa.

Iskandar, Wahyu. )2014(. Nasionalisme dalam Film )Analisis Semiotika Representasi Nasionalisme dalam Film “Habibie

dan Ainunâ€). Jurnal komunikasi dan Teknologi informasi. Vol 10, No 9. ISSN: 0543 - 2109.

Junaedi, Fajar. )2013(. Jurnalisme Penyiaran dan Reportase Televisi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group. _______. )2007(. Komunikasi Massa Pengantar Teoritis. Yogyakarta: Santusta.

Kaelan. )2010(. Pendidikan Pancasila (Edisi Reformasi(.Yogyakarta: Paradigma.

Kartodirjo, Sartono. )1992). Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta : Gramedia Pu aka Utama.

Koentjaraningrat. )2011(. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : Rineka Cipta.

Listyarti, Retno. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan. Esis. Jakarta.

Manuaba, Khalik. 2016. Analisis Semiotika Representasi Kebudayaan Indonesia Dalam Iklan Kuku Bima Energi . eJournal Ilmu Komunikasi, 2016, 1 )4(: 38-52.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. )1992(. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.

Moleong, L.J. )2007(. Metodologi Peneletian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya O set.

Noviani, Ratna. )2002). Jalan Tengah Memahami Iklan. Yogyakarta: Pu aka Pelajar.

Nuarisa, Ardian. )2013(. Apresiasi Seni Tari. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nugraheny, Putri. )2010(. Representasi Identitas Kultural dalam Simbol-Simbol Tarian Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 12, No 13. ISSN: 0215 - 3092.

Pujileksono, Sugeng. )2015(. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rachdian, Wahyudi. )2002(. Cinta Tanah Air dan Implikasinya. Bandung: CV. Alfabeta.

Ranjabar, Jacobus. )2013(. Si em Sosial Budaya Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Rhenald, K. )1995(. Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT. Pu aka Utama Grafiti.

Ritzer, George. )2003(. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Jakarta: Raja Gra ndo Persada.

Roman, Kenerth, Jane Maas & Martin Nisenholtz )2005( How To Advertise, Membangun Merek dan Bisnis dalam Dunia Pemasaran Baru, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Rosalia, Fergie Stephanie. )2015(. Representasi Mooi Indie )Hindia Molek( Dalam Iklan Pariwisata Indonesia Analisis Semiotika Iklan Pariwisata Televisi )TVC( Versi Feeling Is Believing. Jurnal Kebudayaan KaLam edisi ke-3 dalam tema “Nasionalisme: Antara Kenangan dan Tindakanâ€. Yayasan Kalam dan Penerbit Utama Grafiti.

Ruisah. (2018). Hegemoni Oposisi Biner dalam Konten Forum Diskusi E-Learning. Mimbar Sejarah,Sa ra,Budaya, dan Agama - Vol. XXIV No.2, Juli 2018.

Ruslan, Andi. )2013(. Mitos sebagai Kepercayaan Masyarakat Indonesia. Jurnal Kebudayaan Indonesia. No. 15, Vol. 3, Desember 2013 / ISSN 1979-8296.

Saebani, Syahriar. )2014(. Seni dan Budaya sebagai Identitas Bangsa Indonesia. Jakarta : Erlangga.

Salvaggio, Eryk. )2015(. Nationalism Identity Representation In Advertisements In Mass Media. Journal of Visual

Communication and Image Representation. Volume 21, 2015 - Issue 5.

Soewarso. (2012). Nasionalisme Sebagai Faktor Kekuatan dalam Pertjaturan. Politik Internasional. Jakarta: Sinda.

Soeyono, Bruce. )2009(. Karakter Bangsa Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Utama, Anggie Adhitya, Dudy Zein, dan Teddy Kurnia Wirakusumah. )2012). Representasi Budaya Korupsi dalam Iklan Rokok Djarum 76 Versi Korupsi, Pungli & Sogokan di Media Televisi. Jurusan Ilmu Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. eJurnal Mahasiswa Universitas Padjadjaran, 1(1), 18.

Wibisono, Ria Angelia. )2008). Representasi Nasionalisme dalam Iklan Korporat PT. Gudang Garam TBK. Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Kri en Petra. Jurnal Ilmiah SCRIPTURA, 2(1), 38 – 47.

Wibowo, Indiwan Seto Wahyu. )2011(. Semiotika Komunikas. Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Widyatama, R. )2007(. Pengantar Periklanan. Yogyakarta : Pu aka Book Publisher.

Yesaya, Yummi. 2015. Ekologi dan Budaya Flores Baratâ€. Nasional Geographic Indonesia. Journal Of Culture, Literature,

and Lingui ics. Vol. 4 - No. 2/ Februari 2015.

Yin, Robert K. (2011). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta. Rajagra ndo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/channel.v7i2.13576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

...........................................................

Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) and Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJKI).

ISSN 2339-2681 (print) and ISSN 2621-2579 (online)

Creative Commons License


Channel: Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats