Praktek Politik Kapitalis, Kekuasaan dan Kelas pada Tayangan Iklan Anak di Media Online

Dian Marhaeni K, Urip Mulyadi

Abstract


ABSTRAK

 

Politik kekuasaan mengacu pada pemahaman adanya praktek dominasi kekuasaan pada tayangan gambar dan pesan  iklan. Demikian juga praktik dominasi kelas turut andil mewarnai  iklan anak di media online. Dominasi kelas dan kekuasaan merupakan simbol ambisi kapitalis. Riset ini bertujuan membangun kesadaran adanya praktek kekuasaan dan praktek kelas  pada iklan anak di media online. 

Metode Semiotika dipergunakan untuk membedah praktik dominasi tersebut dalam perspektif  teks media. Untuk mempertajam analisis kajian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan focus analisis pada kajian budaya. Budaya dipahami membangun pola pikir dan pola bertindak manusia diera online media.

Riset ini menghasilkan temuan adanya praktik kekuasaan dan kelas secara nyata pada pesan dan gambar iklan anak di media online. Makna pesan secara terselubung muncul berupa pesan-pesan halus yang tersamar.  Media online juga telah  melahirkan  budaya khas generasi era millenia yang unik lain dari pada sebelumnya. Kebaruan riset ini adalah mencoba menampilkan teori baru dalam  penggunaan media online baik bagi generasi pemakainya.   Riset ini  menghasilan kesimpulan bahwa ada praktek dominasi kekuasaan dan kelas pada iklan anak di media online.  Riset  ini sangat terbatas dalam  analisis terutama kajian teks media. Analisis bisa diperdalam dengan kajian budaya yang mampu membongkar praktek kekuasaan secara makro.


Keywords


Politik kelas, Politik kekuasaan, Iklan anak, anak dan media online

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/channel.v7i1.13019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

...........................................................

Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) and Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJKI).

ISSN 2339-2681 (print) and ISSN 2621-2579 (online)

Creative Commons License


Channel: Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats