FLUXUS ANIMASI DAN KOMUNIKASI DI ERA MEDIA BARU DIGITAL

Zuhdan Aziz

Abstract


Abstrak

Animasi selama ini hanya dipandang sebagai media yang mewah, mahal dan sophisticated dalam proses produksinya sehingga perkembangan terbatas pada film layar lebar maupun tayangan televisi serta karya seni audiovisual. Namun, seiring perkembangan teknologi informasi digital dan komputer yang semakin canggih semakin mengantarkan animasi sebagai obyek penting yang mampu mengukuhkan dirinya menjadi media yang menakjubkan. Kecanggihan animasi komputer, baik secara hardware maupun software, mampu menerjemahkan imajinasi dan kreatifitas. Animasi menjadi semakin mudah, murah dan menarik sehingga mampu hadir dan digunakan oleh masyarakat luas dalam berbagai bidang. Banyak terjadi hibridisasi antara animasi dengan banyak bidang seperti arsitektur, seni, entertainment, media pembelajaran bahkan media komunikasi. Penelitian inipun bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk vareasi fluxus antara animasi dengan komunikasi. Dengan metode deskriptif kualitatif, dapat digali perkembangan penggunaan dari hasil hibridisasi animasi dalam bidang komunikasi di era media baru digital.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa animasi telah menjelma menjadi media yang menarik, yang mampu menemukan jatidirinya dalam jagad media elektronik digital modern. Animasi dapat digunakan sebagaimana fungsi komunikasi, sebagai media informasi, hiburan, persuasi dan pendidikan dalam berbagai bentuknya. Animasi bisa berbentuk film, simulasi, content youtube, video clip, media pembelajaran, media presentasi, multi media, fitur pelengkap smartphone/gadget atau media social, games online, karya seni audio visual dan lain sebagainya. Kesimpulannya bahwa eksistensi animasi sebagai wadah atau media komunikasi telah menarik berbagai bidang untuk berinteraksi dan berproses dengannya sehingga terjadi berbagai vareasi fluksus (percampuran atau penggabungan) karya dan fungsi serta kepentingan dari berbagai bidang termasuk komunikasi. Saran yang ditawarkan adalah menjadikan animasi  sebagai wadah besar yang mampu menampung banyak hal di dalamnya. Sebagai wadah atau media, animasi bersifat netral, tergantung siapa (komunikator) yang mau menyampaikan pesan, memaknai, memanfaatkan dan mengarahkannya sesuai tujuan komunikasi yang ditetapkan sehingga bisa sangat efektif.


Keywords


fluxus, animasi dan komunikasi, media baru digital

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/channel.v7i1.13017

Article Metrics

Abstract view : 130 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

...........................................................

Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) and Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJKI).

ISSN 2339-2681 (print) and ISSN 2621-2579 (online)

Creative Commons License


Channel: Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats