Efektivitas Komunikasi Massa Pasangan Jokowi-Ahok Sebelum dan Sesudah Pilkada DKI Jakarta Tahun 2012

Intan Rawit Sapanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi massa yang digunakan pasangan Jokowi-Ahok dalam Pilkada Jakarta 2012. Khususnya pada  jenis efek komunikasi massa yang muncul dari pasangan Jokowi Ahok pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang bekerja dengan angka, datanya berwujud bilangan (skor atau nilai, peringkat, frekuensi), dan dianalisis dengan menggunakan statistik untuk menjawab pertanyaan atau hipotesis penelitian yang sifatnya spesifik dan untuk melakukan prediksi bahwa suatu variabel tertentu mempengaruhi variabel yang lain. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada Pilkada DKI Jakarta 2012, pasangan Jokowi-Ahok dalam komunikasi massanya berhasil mempengaruhi simpatisan dan pendukungnya dalam tiga aspek yaitu; aspek kognitif, aspek afektif, dan behavioral.


Keywords


Komunikasi Massa, Pilkada, Jokowi-Ahok

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/channel.v7i1.13016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

...........................................................

Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) and Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJKI).

ISSN 2339-2681 (print) and ISSN 2621-2579 (online)

Creative Commons License


Channel: Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats