Pengelolaan Digital Public Relations Rumah Sakit “JIH†Yogyakarta Tahun 2017
Abstract
ABSTRAK
Transformasi perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat
mengharuskan bagi para profesional PR untuk mulai menerapkan digital
PR dalam kegiatan komunikasi organisasinya. Penelitian ini menganalisis
pengelolaan digital public relations di salah satu perusahaan yang bergerak
dibidang kesehatan dengan jumlah traffic media sosial tertinggi di D.I
Yogyakarta yakni Rumah Sakit “JIHâ€. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan pengelolaan digital public relations Rumah Sakit
“JIH†dimulai dari perencanaan, implementasi hingga evaluasi pada tahun
2017. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa perencanaan
yang dilaksanakan pada tahun 2017 mengalami transisi perubahan yang
awalnya singkat dan spontanitas hingga menjadi lebih panjang, bertema, dan
tersusun. Perancangan pesan atau konten bedasarkan kalender medis kemudian
dituangkan pada editorial plan yang menjadi acuan dalam implementasi
kegiatan PR. Evaluasi yang dilakukan bedasarkan data yang diperoleh dari
analis media sosial.
Transformasi perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat
mengharuskan bagi para profesional PR untuk mulai menerapkan digital
PR dalam kegiatan komunikasi organisasinya. Penelitian ini menganalisis
pengelolaan digital public relations di salah satu perusahaan yang bergerak
dibidang kesehatan dengan jumlah traffic media sosial tertinggi di D.I
Yogyakarta yakni Rumah Sakit “JIHâ€. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan pengelolaan digital public relations Rumah Sakit
“JIH†dimulai dari perencanaan, implementasi hingga evaluasi pada tahun
2017. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa perencanaan
yang dilaksanakan pada tahun 2017 mengalami transisi perubahan yang
awalnya singkat dan spontanitas hingga menjadi lebih panjang, bertema, dan
tersusun. Perancangan pesan atau konten bedasarkan kalender medis kemudian
dituangkan pada editorial plan yang menjadi acuan dalam implementasi
kegiatan PR. Evaluasi yang dilakukan bedasarkan data yang diperoleh dari
analis media sosial.
Keywords
Digital Public Relations; Perencanaan; Pengelolaan; Evaluasi; Rumah Sakit JIH
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.12928/channel.v6i2.11583
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
...........................................................
Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) and Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJKI).
ISSN 2339-2681 (print) and ISSN 2621-2579 (online)
Channel: Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.