Efektivitas Penggunaan Akun Instagram @Larissacenter Sebagai Media Beriklan Larissa Aesthetic Center Berdasarkan Metode Customer Response Index (CRI)

Astri Wulandari, Nur Latifah Lutfiyati

Abstract


ABSTRAK
Media sosial telah menjadi sebuah candu dan menciptakan “dunia” sendiri
bagi para penggunanya. Bak sebuah jendela, netizen dapat memantau,
melihat serta mengetahui informasi, berita, atau kejadian yang sedang viral
lewat media sosial. Instagram merupakan salah satu aplikasi yang digemari
untuk menunjukkan eksistensi lewat media sosial. Fenomena terhadap
tingginya pengguna aktif instagram di Indonesia telah menempati posisi
ke-3 didunia. Kemudahan dalam mengakses instagram saat ini mulai dilirik
oleh perusahaan untuk mengiklankan produk dan jasanya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi efektivitas iklan Larissa
Aesthetic Center melalui akun instagram pada pengguna skincare dan klinik
kecantikan di Yogyakarta, perempuan dan berusia 17-35 tahun. Tipe penelitian
ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100
orang. Sample dalam penelitian ini menggunakan teknik penentuan sample
untuk ukuran populasi tidak terhingga. Elemen respon dalam Customer
Response Index (CRI) adalah aware (kesadaran), comprehend (pemahaman),
interest (ketertarikan), intention (niat untuk membeli), dan action (tindakan).
Berdasarkan hasil analisis tabulasi sederhana dan analisis skor rata – rata dengan metode CRI pada iklan Larissa di media sosial instagram menunjukan
bahwa iklan Larissa pada media sosial instagram termasuk dalam kategori
“cukup efektif” dengan prosentase sebesar 52,76% karena responden telah
sampai pada tahapan melakukan pembelian terhadap produk Larissa Aesthetic
Center yang diiklankan pada akun Instagram @larissacenter dengan hasil yang
didapat dari perhitungan CRI adalah aware dengan prosentase sebesar 92%,
comprehend dengan prosentase sebesar 8034%, interest dengan prosentase
sebesar 78,38%, intentions dengan prosentase sebesar 96,55%, dan action
dengan prosentase sebesar 94,34%.

Keywords


Iklan ;Media Sosial; Instagram; CRI

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/channel.v6i2.11579

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF - 369 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

...........................................................

Published by Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI). 

ISSN 2339-2681 (print) and ISSN 2621-2579 (online)

Creative Commons License


Channel: Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats