Perangkat Pembelajaran Model Cooperative Scripts Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Mengeliminasi Miskonsepsi IPA pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Telah dilakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran IPA di Sekolah Dasar model Cooperative Scripts dengan 4D modifikasi yang bertujuan untuk mengeliminasi Miskonsepsi pemahaman konsep IPA pada pokok bahasan materi sistem pernapasan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran valid, keterlaksanaan pembelajaran baik (3.97), kegiatan berpusat pada murid aktif. Hasil tes pemahaman konsep siswa dianalisis dengan N-gain menunjukkan pemahaman konsep IPA siswa meningkat (0.65) begitu pula dengan eliminasi Miskonsepsi siswa, sejalan dengan hasil penilaian afektif siswa menunjukkan hasil yang baik (3.9). Simpulan penelitian ini, bahwa perangkat pembelajaran IPA model Cooperative Scripts layak, dapat meningkatkan dan berpengaruh secara signifikan terhadap eliminasi Miskonsepsi pemahaman konsep IPA siswa di Sekolah Dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Amir, Mohammad Faisal. 2006. Mengolah dan membuat
interpretasi hasil olahan SPSS untuk penelitian ilmiah. Jakarta: Edsa.
Anderson, Lorin W., Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing. London: Addison Wesley Longman, Inc.
Bonk, Curtis. 1998. Cooperative Learning & Teaching best of Bonk Handout. Diakses melalui URL:
http://www.indiana.edu/bobwed/Handout/script.html pada tanggal 24 April 2014.
Degeng, N. S. 2013. Ilmu Pembelajaran. Bandung:Aras media.
Dimyati., Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Felder, R. M., Brent, R. (2003). Learning by Doing. Chem. Engr. Education 2003, 37, 282-283, diakses melalui http://www.ncsu.edu/felderpublic/Columns/Active.pdf per tanggal 24 April 2014.
Fraenkel. 2008. How to design and evaluate research in
education. New York: McGrow-Hill Company.
Ginnis, Paul. 2008. Trik & Taktik Mengajar. Jakarta: PT.
Macanan Jaya Cemerlang.
Hadi, S. 2007. Pengaruh Pembekalan Model Cooperative
Script Terhadap Ketrampilan Berfikir Kritis, Ketrampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Laboratorium UM. Malang: UM.
Hakim, A., Liliasari., Kadarohman, A. (2012). Student
Concept Understanding of Natural Products Chemistry in Primary and secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal of Educational Sciences, 544-553.
Ibrahim, M. 2012. Konsep, miskonsepsi dan cara pembelajarannya. Surabaya: Unipress.
Ibrahim, M. 2005. Asessmen Berkelanjutan konsep Dasar, Tahapan Pengembangan dan Contoh. Surabaya:
Unesa University Press.
Kardi, S. 2005. Mengembangkan Tes Hasil Belajar. Surabaya: Unipress.
Miller, B. 2008. The multigrade classroom: A resource
handbook for small. rural schools. Portland, OR: Northwest Regional Educational Laboratory.
Nur, M. 2010. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: UNESAUniversity Press.
Ragillusyah Zamzani, M. 2013. Pengaruh Teknik
Pembelajaran Cooperative Sript Terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Mata Diklat Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika pada siswa kelas X Tav di SMK Negeri 1. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 02 Nomor 1 Tahun, 2013, 343-350, 348.
Sharan, S. 2012. The Handbook of Cooperative Learning.
Penerjemah: Drs. Marianto Samosir, S.H. Yogyakarta: Familia.
Slavin, R. E. 1996. “Research for Future. Research on
Cooperatng Learning and Achievement: What We Know, What We Need to Know. Contempory Educational Psychology 21, 43-69 (1996) Article no. 0004, 52. Diakses melalui http://www.emporia.edu/~hollandj/it820fa14/ar
ticle.pdf. Per tanggal 25 April 2014.
Slavin, R. E. 2011. Psikologi Pendidikan : Teori dan praktik.Jakarta: Indeks.
Tamaela, Junette Cinthya. 2009. The implementation of
Cooperating Learning in Developing Students speakin Ability at SMAN1 Malang. Unpublished. Malang: UM.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi
Konstrutivistik. Surabaya: Pustaka Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i2.5296
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL BIOEDUKATIKA
ISSN 2338-6630 (Print) | ISSN 2541-5646 (Online)
Organized by Department of Biology Education
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Jl.Ringroad Selatan, dk Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia