Perangkat Pembelajaran Model Cooperative Scripts Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Mengeliminasi Miskonsepsi IPA pada Siswa Sekolah Dasar

Dian Eka Indriani

Abstract


Telah dilakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran IPA di Sekolah Dasar model Cooperative Scripts dengan 4D modifikasi yang bertujuan untuk mengeliminasi Miskonsepsi pemahaman konsep IPA pada pokok bahasan materi sistem pernapasan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran valid, keterlaksanaan pembelajaran baik (3.97), kegiatan berpusat pada murid aktif. Hasil tes pemahaman konsep siswa dianalisis dengan N-gain menunjukkan pemahaman konsep IPA siswa meningkat (0.65) begitu pula dengan eliminasi Miskonsepsi siswa, sejalan dengan hasil penilaian afektif siswa menunjukkan hasil yang baik (3.9). Simpulan penelitian ini, bahwa perangkat pembelajaran IPA model Cooperative Scripts layak, dapat meningkatkan dan berpengaruh secara signifikan terhadap eliminasi Miskonsepsi pemahaman konsep IPA siswa di Sekolah Dasar.


Keywords


Kooperatif, Cooperative Scripts, Pemahaman Konsep, Miskonsepsi, Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Amir, Mohammad Faisal. 2006. Mengolah dan membuat

interpretasi hasil olahan SPSS untuk penelitian ilmiah. Jakarta: Edsa.

Anderson, Lorin W., Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing. London: Addison Wesley Longman, Inc.

Bonk, Curtis. 1998. Cooperative Learning & Teaching best of Bonk Handout. Diakses melalui URL:

http://www.indiana.edu/bobwed/Handout/script.html pada tanggal 24 April 2014.

Degeng, N. S. 2013. Ilmu Pembelajaran. Bandung:Aras media.

Dimyati., Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Felder, R. M., Brent, R. (2003). Learning by Doing. Chem. Engr. Education 2003, 37, 282-283, diakses melalui http://www.ncsu.edu/felderpublic/Columns/Active.pdf per tanggal 24 April 2014.

Fraenkel. 2008. How to design and evaluate research in

education. New York: McGrow-Hill Company.

Ginnis, Paul. 2008. Trik & Taktik Mengajar. Jakarta: PT.

Macanan Jaya Cemerlang.

Hadi, S. 2007. Pengaruh Pembekalan Model Cooperative

Script Terhadap Ketrampilan Berfikir Kritis, Ketrampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Laboratorium UM. Malang: UM.

Hakim, A., Liliasari., Kadarohman, A. (2012). Student

Concept Understanding of Natural Products Chemistry in Primary and secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal of Educational Sciences, 544-553.

Ibrahim, M. 2012. Konsep, miskonsepsi dan cara pembelajarannya. Surabaya: Unipress.

Ibrahim, M. 2005. Asessmen Berkelanjutan konsep Dasar, Tahapan Pengembangan dan Contoh. Surabaya:

Unesa University Press.

Kardi, S. 2005. Mengembangkan Tes Hasil Belajar. Surabaya: Unipress.

Miller, B. 2008. The multigrade classroom: A resource

handbook for small. rural schools. Portland, OR: Northwest Regional Educational Laboratory.

Nur, M. 2010. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: UNESAUniversity Press.

Ragillusyah Zamzani, M. 2013. Pengaruh Teknik

Pembelajaran Cooperative Sript Terhadap Hasil

Belajar Siswa pada Mata Diklat Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika pada siswa kelas X Tav di SMK Negeri 1. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 02 Nomor 1 Tahun, 2013, 343-350, 348.

Sharan, S. 2012. The Handbook of Cooperative Learning.

Penerjemah: Drs. Marianto Samosir, S.H. Yogyakarta: Familia.

Slavin, R. E. 1996. “Research for Future. Research on

Cooperatng Learning and Achievement: What We Know, What We Need to Know. Contempory Educational Psychology 21, 43-69 (1996) Article no. 0004, 52. Diakses melalui http://www.emporia.edu/~hollandj/it820fa14/ar

ticle.pdf. Per tanggal 25 April 2014.

Slavin, R. E. 2011. Psikologi Pendidikan : Teori dan praktik.Jakarta: Indeks.

Tamaela, Junette Cinthya. 2009. The implementation of

Cooperating Learning in Developing Students speakin Ability at SMAN1 Malang. Unpublished. Malang: UM.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi

Konstrutivistik. Surabaya: Pustaka Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i2.5296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View J.Bioedukatika Stats

JURNAL BIOEDUKATIKA
ISSN 2338-6630 (Print) | ISSN 2541-5646 (Online)
Organized by Department of Biology Education
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Jl.Ringroad Selatan, dk Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia