Peranan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Jakarta: BSNP.
Dumont, et.al. 2012. The nature of learning: using research to inspire practice. Pratitioner Guide From Centre for Educational research and Innovation Article. OECD Publishing.
Henikusniati. 2015. Penerapan Pembelajaran dengan
Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia SMK Negeri 3 Mataram. BIOTA Vol. VIII. No 1 Juni 2015: 37-42 Mataram: IAIN Mataram.
Higgins, Peter, Robbie Nicol, Simon Beames, Beth Christie & Roger Scrutton. 2010. Education and Culture Committee Outdoor Learning. Learning and Teaching Scotland p. 6 University of Edinburgh.
Mulyani, E.S., Marianti, A., Kartijono, N. E., Widianti, T., Saptono, S., Pukan, K. K.,Bintari, S.H. 2008. Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pendekatan Pembelajaran Biologi. Semarang. Jurusan Biologi FMIPA UNNES.
Mulyani, Sri, A. Marianti, Nugroho Edi K., Tuti W., Sigit S., Krispinus K. Pukan, Siti H., 2008. Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pendekatan Pembelajaran Biologi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Naf’anudiniyah, Raksun Ahmad & Mertha I Gde. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kediri Lombok Barat. Jurnal Kependidikan 12 (2): 171-177. Mataram : LPPM IKIP Mataram.
Purwanto, N. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ridlo, S & Andin Irsadi. 2012. Pengembangan Nilai
Karakter Konservasi Berbasis Pembelajaran. Jurnal
Penelitian Pendidikan. Vol. 29 No. 2 2012: 145-154.
Rusmiyati, A & A. Yulianto. 2009. Peningkatan Keterampilan Proses Sains dengan Menerapkan Problem Based-Instruction. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol. 5 Juli 2009.
Sanjaya, W. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sari, Yunita Kartika, et.al. 2013. Efektivitas Penerapan Metode Quantum Teaching Pada Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Karakter dan Konservasi. Journal of Biology Education Vol. 2 No. 2 September 2013.: 165-172. Semarang:Unnes.
Simatwa, Enose M. W. 2010. Piaget’s theory of intellectual development and its implication for instructional management at presecondary school level. Academic Journals. Educational Research and Reviews Vol. 5 No. 7. Juli 2010: 366-371.
Sugiyo, Warlan, Latifah & Zaenal Abidin. 2008. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Team Game Tournament Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar dan Penilaian Portofolio. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol. No. 1. Januari 2008: 236-243. Semarang:Unnes.
Winarni, Endang Widi. 2013. Perbandingan Sikap Peduli Lingkungan, Keterampilan Proses dan Pemahaman Konsep antara Siswa Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dan Ekspositori di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD Vol.V No.1 April 2013: 145 Jakarta:UNJ.
Yuniastuti, E. 2013. Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Biologi dengan Pendekatan Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar pada Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, Vol. 5 No. 1 Februari 2013: 31-38. Kalimantan: Kopertis Wilayah 11.
DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i2.5024
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL BIOEDUKATIKA
ISSN 2338-6630 (Print) | ISSN 2541-5646 (Online)
Organized by Department of Biology Education
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Jl.Ringroad Selatan, dk Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia