Pengaruh Penggunaan Modul Biokimia pada Mahasiswa Pendidikan Biologi STKIP-PGRI Lubuklinggau

Eka Lokaria

Abstract


Peranan dan penggunaan sumber belajar secara terencana dan terprogram akan berpengaruh pada pencapaian tujuan pembelajaran yang ditargetkan. Salah satu sumber belajar yakni modul. Modul merupakan paket belajar mandiri yang meliputi serangkaian pengalaman belajar yang direncanakan dan dirancang secara sistematis untuk membantu peserta didik mencapai tujuan belajar. Tujuan penelitin ini untuk mengetahui: (1) Hasil belajar mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran Biokimia menggunakan modul. (2) Aktivitas mahasiswa pada proses pembelajaran Biokimia menggunakan modul. Populasi sebagai sampel dalam penelitian ini adalah mahasiwa pendidikan Biologi semester III angkatan 2014 STKIP-PGRI Lubuklinggau. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Data interval dianalisis dengan SPSS versi 10.05 dengan non parametik berupa Mann Whitney. Dari output Rank, dapat kita lihat bahwa nilai mean untuk siswa eksperimen lebih besar daripada nilai mean siswa kontrol (15,05 > 5,95) sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Biokimia setelah menggunakan modul  meningkat. Aktivitas mahasiswa saat mengikuti pembelajaran menggunakan modul baik.

Kata kunci: Pengaruh, Modul, Hasil Belajar dan Biokimia


Full Text:

PDF

References


Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sugiono, 2010 Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta : Bandung.

Supranto, J. 2001 Statistik untuk Pemimpin Berwawasan Global. Jakarta: Salemba Empat.

Smaldio, Sharon E., Deborah L. Lowter, dan James D. Russel. 2011. Instructional Technology and Media for Learning. Terjamah oleh Arif Rahman. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i1.4738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View J.Bioedukatika Stats

JURNAL BIOEDUKATIKA
ISSN 2338-6630 (Print) | ISSN 2541-5646 (Online)
Organized by Department of Biology Education
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Jl.Ringroad Selatan, dk Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia