Penyusunan Video Karakteristik Vegetasi Pantai Trisik sebagai Alternatif Sumber Belajar Sub-Materi Kekhasan Ekosistem Pesisir Pantai Pasir untuk Siswa SMA

Destri Ratna Ma'rifah, Sukirman Sukirman, Agung W Subiantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik vegetasi alamiah khas pesisir pantai pasir berdasarkan ciri morfologi dan jenis tumbuhan di pesisir Pantai Trisik, Kulon Progo, potensi serta kualitas video karakteristik vegetasi alamiah khas pesisir pantai pasir tersebut sebagai yang disusun sebagai alternatif sumber belajar biologi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Hasil penelitian menunjukkan tumbuhan penciri ekosistem pesisir di Pantai Trisik, yaitu Canavalia maritima, Spinifex littoreus, Ipomoea pes-caprae, Pandanus tectorius, dan Casuarina equisetifolia. Berdasarkan aspek kesesuaian dengan standar isi KTSP SMA, dinilai baik oleh semua reviewer. Berdasarkan aspek kualitas instruksional, dinilai baik oleh peer-reviewer dan dosen ahli materi; dinilai sangat baik oleh dosen ahli media dan guru. Berdasarkan aspek kualitas teknis, dinilai baik oleh dosen ahli materi; dinilai sangat baik oleh peer-reviewer, dosen ahli media, dan guru.


Full Text:

PDF

References


Alfian, Fanny. (2010). Penyusunan Media Pembelajaran Animasi Hewan Transgenik dan Tanaman Transgenik Menggunakan Program Macromedia Flash Pro 8. Skripsi tidak diterbitkan. Program Sarjana Pendidikan Biologi FMIPA UNY.

Cox, C. B. & Moore, P. D. (1985). Biogeography An Ecological and Evolutionary Approach Fourth Edition. London: Blackwell Scientific Publications.

Kartawinata, Kuswata & Danimiharja, Sarkat. (1992). Ekologi dan Biologi Tropika. (Ian Deshmukh Terjemahan). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Pramono, Agung T. (2010). Pantai Trisik. Diakses dari http://www.jogjatrip.com/id/412/pantai-trisik pada Kamis, 30 Desember 2010 pukul 19.30 WIB.

Suhardi. (2007). Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY.

Tanuwidjaja, Usman. (1990). Pengantar: Ekologi Tropika(Ewusie, J.Y. Terjemahan). Bandung: Penerbit ITB.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View J.Bioedukatika Stats

JURNAL BIOEDUKATIKA
ISSN 2338-6630 (Print) | ISSN 2541-5646 (Online)
Organized by Department of Biology Education
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Jl.Ringroad Selatan, dk Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia