Deskripsi Hasil Perkuliahan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi S1 Universitas Muhammadiyah Metro

Hening Widowati

Abstract


Penelitian deskriptif ini dilakukan pada program studi Pendidikan Biologi pada semester ganjil dan genap 2013/2014, melalui studi dokumentasi terhadap entry pemaketan mata kuliah yang terdata dalam KRS (Kartu Rencana Studi), serta KHS/Kartu Hasil Studi mahasiswa. Diperoleh rerata paket matakuliah maksimal/24 sks semester ganjil dan genap berhasil diprogramkan oleh ≥ 90% mahasiswa, dengan perolehan IP rerata ≥ 90% mahasiswa adalah ≥ 3,0. Capaian hasil belajar secara umum mengalami penurunan. Pada nilai A menurun 4,67%, A- menurun 6,75%, B+ menurun 1,9%. Di sisi lain terjadi kenaikan prosentase mahasiswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM, yaitu terjadi peningkatan jumlah mahasiswa yang mendapatkan nilai di bawah B termasuk nilai yang belum lulus karena permasalahan mahasiswa tertentu dengan peningkatan hampir 100%. Kondisi ini memperkuat kesimpulan terjadinya penurunan hasil perkuliahan secara keseluruhan.


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2006. Buku Pedoman Akademik Universitas Muhammadiyah Metro. Metro: Universitas Muhammadiyah Metro.

Anonim. 2014. Buku Pedoman Akademik Universitas Muhammadiyah Metro. Edisi Revisi. Metro: Universitas Muhammadiyah Metro.

Arini, N.S. 2008. Pengaruh Tingkat Intelegensi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas II SMA Negeri 99 Jakarta. Laporan Penelitian. Tidak dipublikasikan, Jakarta: Universitas Gunadarma.

Broussard, S.C. 2002. The Relationship Between Classroom Motivation and Academic Achievement in First and Third Grader. (Unpublished Tesis Lousiana State University).

Hakim, T. 2008. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Karwono, dan Heni Mularsih. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lorden, D.H. 2011. Effects of Profesional Development Intervention on Middle School Principals to Increase Their Knowledge of and Ability to Increase Teacher Efficacy. (Unpublished disertasi San Diego State University).

Purwanto, Ngalim. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana, 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana,Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, 2011. Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, M. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tela, A. 2007. The Impact of Motivation on Student’s Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics Among Secondary School Student in Nigeria. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(2), 146-156.

Yulaelawati, E. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Pakar Raya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4143

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL BIOEDUKATIKA
ISSN 2338-6630 (Print)
ISSN 2541-5646 (Online)

Published by Universitas Ahmad Dahlan


View J.Bioedukatika Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.