Variasi Dosis Pupuk Cair Lcn (Limbah Cair Nanas) terhadap Pertumbuhan Anggrek Dendrobium Sp untuk Menyusun Panduan Praktikum

Agus Sutanto, Arifah Qurniani

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian dosis pupuk cair oganik LCN (Limbah Cair Nanas) terhadap pertumbuhan tanaman anggrek Dendrobium sp, dan hasil penelitiannya sebagai rancangan sumber belajar Biologi SMA Kelas XII Semester Ganjil berupa Panduan Praktikum. Rancangan penelitian menggunakan penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian ini terdapat 1 kontrol, 3 perlakuan. Pupuk Cair LCN (Limbah Cair Nanas) dengan dosis kontrol (0ml), A (2ml), B (3ml), dan C (4ml). pupuk cair diberikan dengan cara penyemprotan menggunakan spreyer. Parameter yang diukur adalah pertumbuhan tinggi tanaman (cm) dan pertambahan jumlah daun (helai). Hasil penelitian diuji menggunakan uji ANAVA satu jalur menunjukkan bahwa pada aplikasi pupuk cair organik LCN tidak berpengaruh secara nyata terhadap pertumbuhan tinggi tanaman anggrek (p<0,05) dan pada pertambahan jumlah daun (helai) berpengaruh secara nyata (p>0,05). Hasil validasi panduan praktikum menunjukkan bahwa panduan praktikum yang dibuat layak untuk digunakan menjadi sumber belajar dalam proses belajar mengajar biologi pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan.


Full Text:

PDF

References


Agromedia. 2006. Cara Cepat Merawat Anggrek. Jakarta: PT. AgroMedia Pustaka.

Anwar Ek dan Suganda. 2006. Pupuk Limbah Industri. (Online). balitanah.litbang.deptan.go.id. Diakses pada 29 Maret 2014.

Hanafiah, Kemas Ali. 2010. Rancangan Percobaan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Juhri. 2009. Landasan Dan Wawasan Pendidikan. Jakarta: Panji Grafika.

Lestari, Sugeng Sri. 2003. Mengenal dan Menanam Anggrek. Semarang: Aneka Ilmu.

Purwaningsih, Ika Yunita. 2014. Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Ilustratif Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing (Guidea Inquiry) yang Mengembangkan Pendidikan Karakter pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan untuk Kelas XI Semester I di SMA

Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Disertasi. Yogyakarta: Program Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakata.

Rizqiani. 2007. Pengaruh Dosis dan Frekuensi Pemberian Pupuk Cair terhadap Pertumbuhan dan Hasil Buncis (Phaseolus vulgaris L.) Dataran Rendah. Jurnal Ilmu Tanah dan Lingkungan Vol. 7 no. 1 p: 43-53.

Sutanto, Agus. 2011. Degradasi Bahan Organik Limbah Cair Nanas oleh Bakteri Indigen. El-hayah vol. 1, no. 4 maret 2011 page 151 of 156.

Yusnita. 2012. Pemuliaan Tanaman untuk Menghasilkan Anggrek Hibrida Unggul. Bandar Lampung: Lembaga Universitas Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View J.Bioedukatika Stats

JURNAL BIOEDUKATIKA
ISSN 2338-6630 (Print) | ISSN 2541-5646 (Online)
Organized by Department of Biology Education
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Jl.Ringroad Selatan, dk Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia